Wednesday , June 20 2018
Beranda / Khazanah / Rajab Asri, Lc : Tiga Hak Anak Yang Harus Dipenuhi Orang Tua
shafiyyatul.com

Rajab Asri, Lc : Tiga Hak Anak Yang Harus Dipenuhi Orang Tua

Pelaksanaan Sholat Jum’at (22/4) di Masjid Shafiyyatul Amaliyyah, Jl. Setiabudi 191 Medan berlangsung dengan khidmat. Bertindak sebagai Khatib dan Imam Al-Ustadz H.Rajab Asri Masweil, Lc.

Ustadz Rajab, memulai Khutbah dengan membaca firman Allah sekaligus menterjemahkannya yang terdapat dalam Al-Qur’an Surah Luqman ayat 15

Dan jika keduanya (ayah-ibu) memaksamu untuk mempersekutukan Aku (kata Allah) dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Jika kedua orangtua menyuruh kita dengan segala sesuatu menyangkut urusan dunia, maka, ikutilah, namun jika sudah menyangkut aqidah/keyakinan, maka janganlah diikuti, demikian Ustadz Rajab menegaskan.

Berikutnya Ustadz Rajab menambahkan setidaknya,ada TIGA hak anak terhadap seorang ayah:

PERTAMA
Memberikan nama yang baik kepada anak.
Jangan memberi nama anak asal-asalan, karena sesungguhnya nama itu merupakan do’a. Memang banyak nama-nama yang bisa diambil dari Al-Qur’an, namun tidak semua bermakna baik, ada juga yang buruk. Oleh karenanya perlu ditanya ahli agama atau para ulama yang mengerti agar tidak salah arti.

Rasulullah pernah bersabda: “Sesungguhnya warisan pertama dari salah seorang kamu adalah memberi anak berupa nama yang paling baik.”

KEDUA
Hendaklah kedua orangtua mendidik anaknya dengan didikan yang baik.
Rasulullah tentu tidak sama dengan kita, karena Rasul langsung di didik oleh Allah, maka akhlak Rasul begitu bagus dan terpuji.

Seorang ulama besar yang bernama Ja’far As-Shadiq berkata: “Warisan terbaik ayah kepada anaknya sendiri adalah mengajarkan adab (sopan santun).

“Tak ada gunanya punya ilmu yang banyak, jika anak tak punya adab, karena sesungguhnya yang paling baik adalah punya adab(sopan santun) ketimbang banyak ilmu. Ketahuilah, tuntunan adab jauh lebih diatas/lebih utama dan tinggi dibanding punya banyak ilmu. Jika harta jadi warisan utama tak akan bisa bertahan lama karena harta cepat terkuras habis jika sering digunakan, berbeda dengan punya ilmu dan beradab, dipastikan akan bertahan dan langgeng turun temurun dan membawa banyak fadhilah, walau pun sang penyebar ilmu telah tiada, namun tetap dikenang bahkan terus mendapat kiriman do’a yang tiada putus dari murid-muridnya.”, tegas ustadz Rajab.

Ajarkan anak agar bersikap santun dan beradab pada guru, jangan pernah menyakiti,seperti mencaci (menghina)atau berucap kasar. Jangankan kepada guru, bahkan walau kepada musuh sekalipun tak boleh diucapkan. Dan ini menjadi hak anak mendapatkan nasehat setiap hari, agar membekas dan ingat pesan yang disampaikan sang ayah kepada anak.

KETIGA
Perlakukanlah anak secara adil, jangan pilih kasih. Karena sang ayah tak akan pernah tahu kelak anak mana yang paling berbakti. Bisa jadi anak yang satu terlalu dibangga-banggakan karena kepintaran dan rezeki yang sering diberikan, sementara anak lainnya tak bisa berbuat begitu karena keterbatasan kemampuan ekonomi.Tapi, justru anak yang ini pula yang paling sayang kepada kedua orangtuanya. Begitu juga jika ayah memberi sesuatu, harus sama perolehannya, kecuali ada anaknya yang SD dan SMA, tentu tak boleh sama dalam memberikan uang jajan, karena jelas kebutuhan anak SD & SMA pasti berbeda.

Akhir khutbah, Ustadz Rajab berpesan, agar menghindari selisih paham antara anak, ayah dan keluarga lainnya. Jangan bertengkar atau ada yang dimusuhi karena suatu hal. Tapi hendaklah saling menghargai satu sama lainnya walau berbeda pendapat. Carilah persamaannya dan jangan memperbesar jarak perbedaan.

Baca Juga

Bersua Kembali dengan Ramadhan

Alhamdulillah, tamu agung nan mulia itu sudah benar-benar mengunjungi kita, Ramadhan Karim. Bulan yang secara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *