Thursday , March 28 2024
Beranda / Islami / Etika Dalam Pergaulan Rasulullah SAW
deras.co.id
Meneladani Rasulullah SAW

Etika Dalam Pergaulan Rasulullah SAW

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang sangat penyabar, lapang hati, penyayang, pemurah, dan pemaaf. Beliau SAW dikenal sebagai pribadi yang jujur, iffah (memelihara diri dari sifat keji), amanah, zuhud, serta tawadhu. Pada pribadi beliau terkumpul seluruh karakter baik lagi terpuji. Sifat-sifat mulia tersebut beliau tampakkan di hadapan para sahabat, bahkan musuh-musuhnya.

Benci dan dengki tidak mampu menutupi keagungan sifat-sifat beliau. Mereka menyaksikan sendiri dan mengakuinya. Semua mengamini firman Allah SWT, “Sesungguhnya engkau benar-benar memiliki akhlak yang mulia.” (QS al-Qalam: 4).

Nabi SAW adalah sebaik-baik Nabi dalam membina umatnya. Beliau sebaik-baik ayah bagi anak-anaknya. Sebaik-baik suami bagi para istrinya. Sebaik-baik kakek bagi cucu-cunya. Dan sebaik-baik sahabat bagi para sahabatnya. Dalam pergaulan, beliau mewariskan kesan mendalam kepada para sahabatnya.

Beliau selalu mendahului mengucapkan salam kepada orang yang dijumpainya lalu menyodorkan tangannya terlebih dahulu untuk bersalaman. Beliau tidak akan melepas tangannya sebelum orang itu melepas tangannya sendiri. Apabila beliau dipanggil, maka beliau akan menengok dengan seluruh anggota tubuhnya.

Apabila bercakap-cakap dengan seseorang, Beliau SAW tidak memalingkan wajahnya sampai orang itu pergi. Wajahnya selalu diarahkan kepada orang yang semajelis dengan beliau. Sehingga orang-orang yang bersama beliau merasakan bahwa mereka sangat dihargai dan dihormati.

Rasulullah SAW tidak memotong pembicaraan seseorang hingga ia selesai berbicara. Kecuali jika orang itu keterlaluan, maka beliau memutuskan pembicaraannya dengan melarangnya berbicara, atau dengan berdiri berpaling meninggalkannya. Nabi kita yang mulia ini menghormati tamu yang masuk ke rumahnya.

Kadang-kadang tamu beliau dipersilahkan duduk di atas bajunya serta diberi bantal untuk diduduki. Apabila tamunya menolak, beliau terus menawarkan hal itu hingga ia berkenan duduk di atasnya. Ketika Jabir bin Abdillah Al-Bajali hadir di majelis Nabi SAW, ia tidak mendapati tempat maka ia duduk di dekat pintu.

Lalu Rasulullah melipat bajunya dan memberikan kepadanya seraya berkata, “Silahkan duduk di atasnya!” Diambillah baju itu oleh Jabir dan diletakkan di wajahnya lalu diciumnya seraya menangis serta dikembalikannya kepada Nabi yang mulia. “Semoga Anda dimuliakan oleh Allah sebagaimana engkau memuliakanku,” katanya.

Tatkala seseorang datang ke rumah beliau karena suatu keperluan, sedangkan beliau sedang menunaikan shalat, maka beliau meringankan shalatnya untuk segera menemui tamunya. “Apakah engkau memiliki keperluan?” tanya beliau. Apabila keperluannya telah terpenuhi, beliau lalu kembali menunaikan shalatnya.

Kekasih Allah ini selalu menasihati para sahabatnya dengan bahasa yang santun, lemah lembut, dan penuh kasih sayang. Beliau tidak bercakap-cakap dengan sesuatu yang menyinggung perasaan dan menyakiti hati para sahabatnya. Apabila tidak bertemu dengan salah seorang dari para sahabatnya selama sekian hari, Nabi SAW selalu menanyakannya.

Bila sahabatnya itu pergi, beliau mendoakannya. Jika sakit, beliau menjenguknya. Bila sudah wafat dan beliau belum menshalatinya dan datang ke kuburnya. Bergaul itu ada seninya. Seninya adalah menjaga etika. Etika pergaulan yang ditanamkan Nabi SAW akan turun kepada kita jika akhlak beliau ada pada diri kita. Tanpa meneladani beliau, kemuliaan belum pantas disematkan pada diri kita.

Sumber : Republika.co.id

 

Baca Juga

deras.co.id

QLR YPSA Membangun Karakter dan Menggali Potensi Diri

DERAS.CO.ID – Sebanyak 952 peserta ikuti pembukaan Quantum Leadership Ramadhan (QLR) XXIII Yayasan Pendidikan Shafiyyatul …