Sunday , July 22 2018
Beranda / Berita / Moratorium UN Batal, Kuota UNBK Ditambah
deras.co.id

Moratorium UN Batal, Kuota UNBK Ditambah

Setelah dibatalkannya moratorium UN, pemerintah menambah kuota pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pasalnya, UNBK terbukti lebih hemat karena dapat mengurangi anggaran pengadaan bahan baku kertas.

Di Kabupaten Batang ada tambahan lima sekolah yang akan melaksanakan UNBK pada UN tahun 2017 nanti.

Kabid Pendidikan Menengah Sabar Mulyono, mengatakan, tahun ini pemerintah berupaya untuk memperluas pelaksanaan UN ataupun USBN berbasis komputer. Tahun lalu hanya ada satu sekolah, yakni SMKN 1 Batang yang sudah mampu menyelenggarakan UNBK.

Namun di tahun ini akan ada penambahan lima sekolah. Yakni SMKN 1 Kandeman, SMK Diponegoro Banyuputih, SMK NU 01 Limpung, SMK Muhammadiyah Bawang dan SMK NU Bandar,” kata dia kepada Radar Pekalongan (Jawa Pos Group), Selasa (27/12).

Dijelaskan, keenam SMK tersebut sudah memenuhi persyaratan dalam pelaksanaan UNBK. Terutama terkait ketersediaan komputer yang harus memenuhi sepertiga dari peserta UN. Selain itu sekolah ini telah mendapatkan pelatihan teknis untuk dapat menjalankan UNBK dengan baik.

Memang untuk Batang sendiri saat ini hanya ada enam sekolah yang akan melaksanakan UNBK. Untuk jenjang SMA dan SMP belum ada sekolah yang siap untuk melaksanakan UNBK,” ujarnya.

Tetapi jika nantinya ada peraturan baru terkait jumlah minimal komputer yang bisa dikurangi, mungkin akan ada tambahan sekolah. Tapi info tersebut belum jelas. Sehingga saat ini masih hanya enam sekolah tersebut,” imbuhnya.

Terkait pembatalan moratorium UN sendiri, pihaknya menjelaskan bahwa UN akan tetap dilaksanakan. Selain itu akan ada tambahan pelaksanaan Ujian Sekolah yang ditingkatkan mutunya menjadi Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) yang diharapkan mampu menambah kompetensi lulusan.

Untuk memantapkan kompetensi lulusan pemerintah pun nantinya juga akan menggelar USBN. USBN ini nanti ada kerja samanya dengan pihak di daerah. Sehingga guru-guru di kabupaten/kota juga berperan dalam pembuatan soal USBN,” tandasnya.

Sumber : jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

CIA Ungkap Perang Dingin Antara AS dan China

Colorado, China sedang terlibat Perang Dingin melawan Amerika Serikat (AS). Hal itu dipaparkan Asisten Direktur CIA, …