Tuesday , August 14 2018
Beranda / Berita / Deretan Teknologi Yang Dinanti di 2017
deras.co.id
Project Morpheus, headset Virtual Reality Dari Sony

Deretan Teknologi Yang Dinanti di 2017

Di era digital seperti saat ini, tentu kita senantiasa menanti perkembangan teknologi yang terbaru, khususnya yang akan menjadi tren di tahun 2017. Beberapa teknologi yang sempat mewarnai tahun ini akan mencapai puncak popularitasnya pada tahun depan.

Teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), hingga Artificial Intelligence (AI) tentu Anda sudah mengetahuinya dalam beberapa bulan terakhir, khususnya AR yang menyita perhatian masyarakat dunia melalui kepopuleran game Pokemon Go.

Meski beberapa teknologi telah hadir dan dirasakan oleh masyarakat, namun diprediksikan teknologi-teknologi tersebut masih dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melahirkan inovasi-inovasi baru pada 2017.

Berikut deretan tren teknologi yang diperkirakan akan menghiasi sepanjang 2017, dikutip dari Mashable, 29 Desember 2016:

1. Virtual Reality (VR)

Perangkat VR terus dihadirkan oleh berbagai perusahaan untuk memberikan pengalaman digital yang lebih intim kepada masyarakat. Hal itu sudah berlangsung pada 2016 ini, tetapi teknologi ini juga masih berada di arah popularitasnya pada tahun depan.

Hal ini dikarenakan Facebook mengucap janji akan menawarkan beberapa konten pendukung VR, mulai dari game, film, dan lainnya.

2. Augmented Reality

Teknologi yang memadukan dunia nyata dan dunia digital ini telah menjangkiti masyarakat melalui keberadaan game Pokemon Go. Meski Pokemon Go bukan pertama kali yang memperkenalkan teknologi AR, tetapi masyarakat semakin tahu akan perkembangan teknologi.

Berbeda dengan VR yang memerlukan perangkat tambahan, AR tak demikian. Teknologi hanya memerlukan dukungan dari perangkat mobile untuk bisa menjalankan AR dengan sempurna.

3. Teknologi Layar

Teknologi layar ini akan menyita perhatian melalui ponsel pintar. Mashable memprediksikan teknologi layar seperti OLED akan membantu layar smartphone lebih tipis dan baterai menjadi hemat dari sebelumnya.

Tak hanya berpengaruh kepada perangkat, teknologi layar juga cukup signifikan untuk mendukung teknologi lainnya, misalnya VR yang akan menjadi tren pada tahun depan. Ketika layar semakin tinggi resolusinya, maka itu semakin baik guna memberikan pengalaman kepada pengguna.

4. Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan merupakan salah satu teknologi yang telah menarik perhatian di tahun ini dan kita telah merasakan kehadirannya dengan hadirnya layanan seperti asisten digital, Siri untuk Apple atau Cortana di Microsoft.

Tentunya AI akan terus disempurnakan untuk membantu kegiatan manusia sehari-hari, tidak hanya berbentuk asisten digital, namun bisa saja berwujud layanan lainnya.

5. Human Augmentation Technologies

Tahun 2017 diperkirakan akan ada teknologi yang menjadi sorotan karena bentuknya bagian tubuh manusia, yakni human augmentation. Teknologi ini bisa membantu pergerakan manusia.

6. Baterai

Baterai adalah elemen penting untuk suatu perangkat, maka memproduksi baterai tentu mendapatkan perhatian vendor. Tak hanya soal ukuran daya tahan baterai yang semakin besar, baterai juga perlu memperhatikan nilai keselamatan untuk penggunanya.

Sumber : viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satresnarkoba Tanjungbalai Amankan TA dan BB Atas Kasus Sabu

Tanjungbalai, Satresnarkoba Polres Tanjungbalai melakukan penggrebekan terhadap sebuah rumah di Jalan Jenaha, Lingkungan I, Kelurahan …