Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Berikut Alasan BMKG Mengenai Gempa Yang Sering Menimpa Medan
deras.co.id
Seismograf Menunjukkan Frekwensi Kekuatan Gempa

Berikut Alasan BMKG Mengenai Gempa Yang Sering Menimpa Medan

Medan, Pihak BMKG memberikan penjelasan mengenai gempa yang terjadi Selasa (14/2/2017) dini hari. Disebutkan analisis gempa, bahwa gempa yang terjadi di Medan dan sekitarnya tidak berbeda antara gempa yang terjadi sejak Januari 2017 hingga yang terjadi pada dini hari tadi.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan melalui rilisnya menyebutkan, gempa pada pukul 00:11:19 WIB berkekuatan 4,6 SR dengan pusat gempa pada 3.34 LU, 98.61 BT (13 km BaratDaya KAB-DELISERDANG-SUMUT) dengan Kedalaman 10 Km.

Gempat tersebut merupakan gempa bumi tektonik yang masuk kategori jenis gempa bumi dangkal dan mempunyai mekanisme sesar mendatar.

Hal ini berarti gempa bumi ini terjadi akibat aktivitas sesar aktif lokal,” katanya, Selasa (14/2).

Tingkat guncangan akibat gempa ini berbeda-beda pada setiap daerah. Dimana berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG gempa bumi ini dirasakan di Berastagi.

Dengan intensitas gempa bumi II SIG-BMKG (III-IV MMI), Sibolangit II SIG-BMKG (III-IV MMI), Tuntungan dan Medan I SIG-BMKG (II-III MMI), Binjai I SIG-BMKG (I-II MMI).

Pada skala III-IV MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah oleh masyarakat, terasa getaran seakan-akan ada truk lewat.”

Gempa bumi dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar rumah oleh beberapa orang, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi,” ungkapnya.

Atas kondisi ini, Ia mengingatkan agar masyarakat selalu tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG.

Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” beber Edison Kurniawan.

Diberitakan sebelumnya dua kali gempa bumi mengguncang Sumatera Utara pada dini hari tadi. Data dari BMKG menyebutkan Gempa pertama terjadi pada pukul 00.11.19  berkekuatan 4,6 SR dengan pusat gempa pada 3.34 LU, 98.61 BT (13 km BaratDaya KAB-DELISERDANG-SUMUT) dengan Kedalaman 10 Km. Kemudian gempa dengan kekuatan yang lebih besar terjadi pada pukul 03:35.59 WIB berkekuatan 5.2 SR dengan titik gempa pada 3.35 LU, 98.50 BT (23 km BaratDaya KAB-DELISERDANG-SUMUT), dengan Kedalaman 10 Km.
Sumber : sumut.pojoksatu.id

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …