Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Tips Mempercepat Kinerja Google Chrome Dengan RAM Stabil
deras.co.id

Tips Mempercepat Kinerja Google Chrome Dengan RAM Stabil

Seringkali penggunaan Chrome dianggap senang memakan RAM. Atau beberapa kasus lainnya Chrome berjalan dengan lambat. Hal tersebut tentu saja sangat mengesalkan. Padahal, ada loh cara untuk bisa mengatasi hal tersebut. Anda tetap bisa memperoleh kinerja yang maksimal dari Google Chrome dengan tingkat penggunaan RAM yang terbatas. Berikut ini adalah caranya:

1. Menutup proses secara manual

Jika Chrome Anda berjalan lambat, Anda cukup melihat daftar proses yang tengah berjalan. Untuk masuk ke Task Manager, tekan Shift + Esc untuk Windows atau dari menu Window jika Anda ,memakai Mac. Lalu Anda bisa mengurutkan proses menurut penggunaan memori dan mematikan apapun yang tidak dibutuhkan.

2. Singkirkan semua ekstensi yang tidak dipakai secara manual

Hanya karena mendownload video di satu waktu, bukan berarti membutuhkan ekstensi di setiap waktu. Anda harus selektif memilah ekstensi yang kamu installdan selektif mana ekstensi yang kamu simpan. Jadi ketik chrome: // extensions ke address bar untuk menonaktifkan ekstensi yang tidak dibutuhkan secara reguler yang masih berguna. Lalu hapus ekstensi yang menurut Anda tidak berguna.

3. Buat semua plugin bekerja secara manual

Chrome sejak tahun kemarin telah memblokir Flash ads kecuali website utama. Tetapi chrome sudah menyertakan “click to play” yang mana chrome tidak otomatis memainkan atau memutar setiap plugin. Anda bisa mengaktifkannya ke setelan chrome: //settings, klik on Show Advanced settings, lalu klik Content settings under Privacy. Gulir ke bawah ke bagian Plugins dan pilih ‘Let me choose when to run plugin content’.

4. One tab dan The Great Suspender

Jika Anda cenderung menyimpan banyak tab dan tidak berniat mengubah kebiasaan itu, ada beberapa ekstensi yang bisa membantu. Dua pilihan yang paling populer adalah One Tab dan The Great Suspender. One Tab pada dasarnya memungkinkan Anda menutup setiap tab yang terbuka dengan satu klik dan mengubahnya menjadi daftar. Kapanpun Anda perlu mengakses tab lagi, Anda dapat mengembalikan semuanya sekaligus atau secara individual dengan mengklik link masing-masing. Anda juga dapat dengan mudah mengekspor dan mengimpor tab Anda sebagai daftar URL. Bergantung pada berapa banyak tab yang Anda jalankan dan berapa banyak skrip yang berjalan di dalam tab Anda, memindahkannya ke OneTab dapat meningkatkan kinerja secara signifikan.

5. Data Saver Extension

Jika koneksi Anda lamban atau loading lama, Anda bisa memakai ekstensi ini. Ekstensi ini dapat membantu mengurangi penggunaan data dengan memakai server perusahaan untuk memampatkan halaman sebelum dikunjungi. Tetapi perlu diketahui bahwa halaman yang diakses dari koneksi pribadi atau HTTPS atau tab penyamaran tidak akan dioptimalkan atau tidak dilihat Google.

Sumber : beritateknologi.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …