Friday , March 29 2024
Beranda / Otomotif / Mengenal Teknologi “xDrive” Milik BMW
deras.co.id

Mengenal Teknologi “xDrive” Milik BMW

Urusan teknologi, masing-masing merek memiliki platform andalannya masing-masing, seperti salah satunya produk BMW dengan sistem penggerak empat rodanya xDrive. Bagi yang belum mengenalnya, pihak BMW Indonesia coba secara singkat memberikan informasinya. Tami Notohutomo, Product Planning Manager mengatakan, xDrive yang dimiliki BWM bisa membagi torsi bervariasi untuk menghasilkan traksi sempurna setiap saat, untuk keempat rodanya. Sistem ini bisa mendeteksi secara otomatis, di roda mana diperlukan traksi.

“Jadi ketika ada hilang traksi di tiga roda mobil, depan bagian kanan dan dua pada bagian belakang, maka 100 persen traksinya akan diarahkan pada roda depan bagian kiri. Jadi satu ban itu yang akan menarik mobil atau menolong tiga roda yang selip.

Tami melanjutkan, kalau pendeteksian tersebut dilakukan otomatis tanpa melakukan pengaturan apapun, dan ini yang membuatnya disebut sebagai Intelligent All-wheel Drive. Jadi kendaraan sudah bisa mengetahui dan menyelesaikan sendiri masalahnya.

“Lebih itu, teknologi xDrive yang digunakan pada beberapa model BMW, juga bisa membuat mobil tidak mengalami oversteer atau melintir ketika melalui belokan (untuk penggunaan jalan aspal),” ucap Rami.

Manfaat

Teknologi penggerak empat roda BMW xDrive ini, pertama kali diperkenalkan di Frankfurt International Motor Show tahun 1985 atau 32 tahun lalu. Dari informasi resmi, BMW xDrive juga dilengkapi dengan double disc clutch, di mana hanya memerlukan beberapa mili-detik untuk mendistribusikan torsi ke roda depan dan belakang secara merata. Torsi  didistribusikan secara langsung dan terus-menerus, untuk menyesuaikan situasi berkendara. Pada kondisi eksrim, tenaga dapan didistribusikan ke salah satu as roda, untuk membantu pengendara keluar dari lintasa  sulit. Kemudian, teknologi ini memastikan ban memiliki cengeraman kuat ketika melalui jalan licin, tanpa mengrangi sensasi berkendara dengan penggerak roda belakang.

Sumber: Kompas.com

Baca Juga

deras.co.id

Saudi Akan Operasikan Taksi Terbang Angkut Jemaah Haji-Umrah

DERAS.CO.ID – Riyadh – Arab Saudi akan mengoperasikan taksi terbang untuk mengangkut jemaah haji dan …