Thursday , March 28 2024
Beranda / Featured / Objek Wisata Batu Stonehenge Inggris Ada Di Indonesia
deras.co.id
Stonehenge, Inggris

Objek Wisata Batu Stonehenge Inggris Ada Di Indonesia

Monumen yang disebut stonehenge ini sejatinya adalah batu-batu raksasa yang disusun sedemikian rupa. Stonehenge atau The Standing Stones ini terletak berdekatan dengan Amesbury di Whiltshire, Inggris, atau sekitar 13 km barat laut Salisbury, dikabarkan pembangunannya pada Zaman Perunggu atau Neolitikum. Di samping keindahannya, stonehenge ini menimbulkan banyak tanda tanya di berbagai kalangan. Bagaimana monumen batu ini dibangun? Oleh siapa? Untuk apa? masih jadi misteri sampai sekarang karena tidak ditemukan satu pun catatan sejarah tentang tempat ini.

Tahukah kamu stonehenge semacam itu gak cuma ada di Inggris, Indonesia juga punya lho. Malahan di Indonesia ada 3 stonehenge yang gak kalah indahnya dengan di Inggris. daripada jauh-jauh ke Inggris, yuk kita lihat yang punya Indonesia!

1. Stonehenge Solor

trevelsia

Stonehenge yang pertama punya Indonesia ini berada di kawasan perbukitan Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Stonehenge ini dipercaya merupakan situs peninggalan Zaman Megalitikum sekitar 2500 Sebelum Masehi. Istimewanya, di Stonehenge Solor ini, kalian akan menemukan gak hanya satu tapi banyak monumen batu dari zaman purbakala yang dalam Bahasa Madura disebut “Betoh So’on”, Selain jajaran batuan yang mirip dengan stonehenge Inggris, disini kalian akan menemukan “Batu Jabrig”, batu yang mirip kepala manusia ditumbuhi banyak rambut yang aslinya adalah tanaman. Sangat unik guys, you’ve got to see it.

Akses menuju Stonehenge Solor ini memang kurang memadai, tetapi jangan khawatir, Dinas Pariwisata setempat sudah memperbaikinya. Buat yang hobi berpetualang, tempat ini worth to visit. Gak percaya? datangi aja sendiri …

2. Stonehenge Cangkringan Merapi

www.jogja.co

Stonehenge yang kedua terletak di lereng Gunung Merapi. Sejak dibuka, objek wisata Stonehenge ini dibanjiri pengunjung. Meski buatan tangan, strukturnya menyerupai batu sungguhan yang disusun bak Stonehenge di Inggris. Letaknya berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Stonehenge kini menjadi tujuan wisata alternatif selain menikmati panorama Gunung Merapi.

Berada di area seluas 200 meter persegi, gugusan batu raksasa Stonehenge bisa menjadi latar foto yang apik. Apalagi jika cuaca cerah, langit biru yang luas dan hamparan rumput hijau menjadi alas bebatuan setinggi sekitar 4 meter ini sangat memanjakan mata.

3. Stonehenge Bali

beautiful-bali.com

Stonehenge yang ketiga punya Indonesia ada di Bali, walaupun standing stone ini artifisial, tapi gak kalah unik. Stonehenge ini adalah salah satu konsep arsitektur yang dibuat oleh salah satu restoran yang ada di wilayah Gianyar terletak di Jln. Pantai Purnama Gianyar Bali. Sebenarnya tumpukan batu ini sendiri sebenarnya adalah pelinggih yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk menaruh sesajen sembahyang. Untuk kamu yang gak terlalu suka berjuang untuk mendapatkan keindahan alam, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi wisatamu.

Sumber : idntimes.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …