Thursday , March 28 2024
Beranda / Featured / 5 Minuman Jahe Khas Indonesia, ada bir jahe. . .
Minuman Jahe Khas Indonesia

5 Minuman Jahe Khas Indonesia, ada bir jahe. . .

Seperti yang anda ketahui, wedang memiliki arti yaitu minuman hangat. Wedang yang paling umum di Indonesia terbuat dari jahe yang punya citarasa pedas sekaligus memberikan sensasi hangat dari senyawa zingeron yang terkandung di dalamnya.

Ya, minuman hangat inilah yang paling sering dicari untuk menghangatkan badan saat kondisi kurang sehat atau saat cuaca dingin. Belum lagi tambahan rempah dan bahan lain yang membuat wedang ini semakin nikmat. Dan ternyata Indonesia memiliki banyak jenis wedang jahe yang bisa membuat anda ketagihan mencicipinya, lho! Berikut covesia mengulasnya dari resepkoki.id

5. Sarabba

Sarabba berasal dari daerah Makassar terkenal sebagai minuman yang dapat memulihkan stamina dan menyembuhkan masuk angin. Wedang yang satu ini terbuat dari jahe, kuning telur, gula aren, santan dan lada bubuk

4. Bir pletok

Tidak usah takut dengan kata ‘bir’ dalam namanya karena minuman ini tidak mengandung alkohol sedikit pun. Bir pletok merupakan salah satu minuman jahe khas Betawi dengan tambahan rempah-rempah seperti pandan, serai, kapulaga, kayu manis, merica hitam dan kayu secang yang menyumbang warna merah pada minuman ini. Selain dihidangkan panas, bir pletok juga enak disajikan dingin dengan tambahan es batu.

3. Sekoteng

Hampir mirip dengan wedang ronde, sekoteng yang berasal dari Jawa Tengah ini juga sering dijajakan pada malam hari oleh pedagang keliling. Sekoteng terbuat dari air rebusan jahe dengan tambahan kacang tanah, kacang hijau, pacar cina, potongan roti, dan kolang-kaling. Yang membedakan wedang ronde dengan sekoteng adalah penambahan susu kental manis sehingga rasa sekoteng lebih legit dan kental.

2. Bajigur

Minuman khas Jawa Barat ini terbuat dari air rebusan jahe, gula merah, dan santan encer yang direbus dengan daun pandan dan sedikit garam. Bajigur juga sering disajikan dengan potongan kolang-kaling yang diiris tipis. Selain itu, bajigur sering dijual bersama dengan makanan tradisional seperti nagasari, pisang rebus, ubi kukus. dan kacang rebus.

1. Bandrek

Bandrek merupakan minuman khas Jawa Barat yang sering dijual bersamaan dengan bajigur. Bandrek memiliki rasa yang lebih pedas dari bajigur karena terbuat dari air rebusan jahe kental dengan tambahan rempah-rempah dan gula merah, tanpa tambahan santan. Bandrek biasanya disajikan dengan daging kerokan buah kelapa yang setengah tua. Bandrek paling enak dinikmati bersama gorengan seperti seperti gehu (tahu isi), bala-bala (bakwan sayuran), tempe goreng, uli ketan, dan combro.

Sumber : covesia.com, resepkoki.id

 

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …