Wednesday , December 13 2017
Beranda / Berita / Beras Maknyus, ini jenis beras terpopuler dari seluruh dunia
deras.co.id

Beras Maknyus, ini jenis beras terpopuler dari seluruh dunia

Beras menjadi salah satu makanan utama yang dikonsumsi kebanyakan orang. Terutama di Indonesia, beras menjadi makanan pokok. Sering orang berkata “Jika belum makan nasi berarti belum makan”. Di Dunia beras memiliki 40 ribu varietas dan tidak mudah mendapatkan varietas yang terbaik. Kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya menyimpan manfaat sehat untuk tubuh. Jika ingin memasak beras guna dijadikan nasi, pakailah beras yang memiliki ukuran panjang karena itu akan menghasilkan yang terbaik tapi bila ingin membuat sushi atau risotto pakailah jenis beras lainnya.

Tanaman padi (oryza sativa) dapat dibedakan atas tiga ras, yaitu Javanica, Japonica, dan Indica. Ketiga beras ini banyak dihasilkan di negara Jepang, Filipina, India dan Indonesia. Setiap jenis beras juga memiliki karakter yang berbeda. Japonica merupakan jenis beras yang banyak tumbuh di Jepang. Japonica memiliki dua kategori yaitu beras Uruchimai (beras biasa) dan beras Mochigome (beras ketan). Beras Jepang memiliki tekstur yang agak lengket dengan bentuk bulir yang pendek dan bulat serta kadar amilosa yang rendah. Selain itu ada juga beras jenis Indica yang berasal dari daerah tropis seperti India dan Filipina. Beras jenis ini memiliki bulir yang berbentuk panjang dan tidak lengket saat dimasak dengan kandungan amilosa yang tinggi. Serta Javanica, beras yang biasa ditanam di Indonesia dengan kandungan amilosa yang cenderung sedang.

Berikut ini jenis-jenis beras terpopuler dari seluruh dunia.

1. Beras putih

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia
Beras putih merupakan makanan paling umum di Indonesia dan sebagian besar wilayah Asia. Beras putih merupakan makanan yang paling mudah untuk dicerna baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi beras putih adalah mengurangi gangguan pencernaan seperti diare, radang usus besar, dan bahkan morning sickness bagi ibu hamil. Beras putih sendiri adalah makanan yang paling mudah untuk diolah menjadi berbagai macam makanan dan bahkan camilan.

2. Beras cokelat

 
Jenis Beras Paling Populer Di Dunia
Selain beras putih, beras cokelat juga baik untuk kesehatan Anda. Beras cokelat sendiri sering tertukar dengan beras merah karena kesamaan bentuk dan warnanya. Beras cokelat rendah akan pati dan kalori di dalamnya namun sangat tinggi akan serat larut. Tak hanya itu, kandungan minyak sehat dalam makanan ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Beras merah

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia
Tidak banyak yang menyukai beras merah. Alasannya tekstur dari beras ini lebih kasar dibandingkan dengan beras putih. Namun mengonsumsi beras merah bermanfaat untuk menjaga jumlah zat besi dalam tubuh yang membantu mengatur gula darah dan insulin. Selain itu, beras merah mengandung vitamin B6 yang penting untuk menyeimbangkan pembentukan serotonin dan sel darah merah yang penting dalam produksi sel DNA.

4. Beras Arborio

Jenis bulir pendek dari tanah Italia dan dibanding beras putih kita, warna arborio lebih seperti susu. Arborio sebenarnya nama kota di wilayah Val Padana (utara Italia), dimana beras ini mulanya dikembangkan. Kini California dan Texas juga mengembangkannya.

Beras Arbario ini mengandung kadar pati yang cukup tinggi dibandingkan dengan padi varietas lainnya. Selain dibuat risotto, beras Arbario juga bisa digunakan untuk membuat puding beras. Beras jenis lainnya yang bisa digunakan untuk membuat risotto adalah beras Carnaroli, dan juga beras Vialone Nano. Namun, ketiga jenis beras ini memang tidak mudah ditemukan di pasar-pasar swalayan. Beras ini bisa ditemukan di beberapa toko swalayan yang menjual barang-barang impor seperti Ranch Market.

5. Beras hitam

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia
Beras hitam sendiri jarang untuk ditemui. Namun beras ini memiliki serangkaian manfaat kesehatan terutama bagi mereka yang menderita Alzheimer dan diabetes. Sebab beras ini memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang lebih tinggi dibanding jenis beras lainnya.

6. Beras basmati

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia
Beras basmati adalah jenis beras khas dari India. Satu cangkir beras ini mengandung serat 20% lebih banyak dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Beras basmati juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

7. Beras jasmine

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia
Beras jasmine memiliki aroma yang harum dan menggugah selera. Salah satu manfaat terbaiknya adalah dapat mengurangi rasa sakit otot dalam tubuh karena adanya kandungan asam amino yang tinggi.

8. Beras jepang

Pangan utama di Jepang. Ada dua jenisnya, yakni bulir pendek dan bulir panjang. Kategori umumnya adalah hakumai, yakni beras yang putih karena sudah dibuang lapisan kulit sekamnya. Ada juga genmai, bentuk awal dari hakumai. Kecokelatan karena tidak disosoh.

Sementara mochigome adalah beras ketan untuk kue-kue seperti mochi.
Semua jenis ini sangat pulen. Karenanya hakumai cocok dibuat sushi agar gulungannya lengket dan cocok pula dimakan menggunakan sumpit karena tidak akan memisah.

Diolah dari berbagai sumber

Baca Juga

Al Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan

Allah SWT telah menurunkan Al-Quran sebagai pedoman hidup seluruh manusia dengan berita, aturan-aturan juga pesan-pesan …