Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Telkom Pindahkan Layanan Satelit Untuk Pulihkan ATM yang Terganggu
deras.co.id

Telkom Pindahkan Layanan Satelit Untuk Pulihkan ATM yang Terganggu

Jakarta, Pemindahan layanan dari satelit Telkom 1 ke satelit lainnya akhirnya rampung hari Rabu (30/8/2017). Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga.

Seperti diketahui, proses pemindahan layanan dari transponder yang mengalami masalah telah dilakukan sejak 28 Agustus 2017. “Semua transponder Telkom 1 sudah kita alokasikan semua. Sudah tersedia lebih cepat beberapa jam dari yang direncanakan. Sehingga pelanggan transponder hari ini sudah tersedia 100%,” kata Alex di gedung Kominfo.

Untuk total layanan ATM, Alex menjelaskan bahwa saat ini sudah ada sebanyak 2.591 layanan ATM yang telah pulih dari total ATM sebanyak 12.030. Sedangkan repointing ground segmen (pemancar penerima sinyal) akan menargetkan 15.000 unit.

Telkom menargetkan perampungan repointing ke 15.000 ground segmen akan selesai pada 10 September mendatang. Sementara untuk mengisi layanan yang ditinggalkan oleh Telkom 1, Telkom telah memindahkannya pada Satelit Telkom 2, Telkom 3S, serta dua satelit milik asing.

Alex juga mengatakan perampungan per harinya akan menyasar pada 15.000 ground segmen sehingga dapat diselesaikan sesuai target waktu. Untuk melakukan hal itu, Telkom akan mengerahkan 1.000 personil teknis ke lapangan.

“Kalau kira-kira 1.500 per hari paling lambat tanggal 10 (September 2017) sudah direpointing semua. Jadi lebih mudah, lebih cepat,” kata Alex meneruskan.

Sebelumnya diberitakan bahwa satelit Telkom 1 mengalami gangguan pada 25 Agustus 2017. Atas kejadian itu, sejumlah layanan ATM terganggu operasionalnya. Sayangnya hingga kini Telkom masih belum mengetahui penyebabnya.

Alex mengatakan bahwa pihaknya masih perlu menyelidiki kerusakan bersama para ahli. Sehingga saat ini masih belum disimpulkan apa yang menyebabkan kerusakan di satelit Telkom 1.

“Penyebabnya masih kami dalami. Kita butuh expert yang mendalami, butuh waktu mereka untuk menyimpulkan. Kami juga masih belum dapat menyimpulkan,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, fokus utama dari penyelesaian masalah satelit Telkom 1 untuk saat ini ialah merampungkan perpindahan layanan ke satelit lain.

Rudiantara mengungkap bahwa Kominfo juga akan membantu Telkom dalam hal administrasi serta koordinasi dengan ITU (International Telecomunication Union) dalam hal mengamankan slot orbit yang ditinggalkan oleh Telkom 1.

Catatan: Transponder(Transmitter Responder) adalah  suatu perangkat pada satelit buatan yang diluncurkan diluar angkasa yang berfugsi sebagai penerima sinyal yang dikirimkan dari stasiun bumi.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …