Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Upacara Adat Mandailing Sambut Bobby-Kahiyang Di Medan
deras.co.id
Prosesi adat Mandailing menyabut Bobby Nasution-Kahiyang Ayu.

Upacara Adat Mandailing Sambut Bobby-Kahiyang Di Medan

Medan, Setiba di rumah, Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu, langsung disambut dengan prosesi adat Mandailing atau disebut Haroan Boru. Penyambutan pengantin baru digelar di rumah orangtua Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Minggu, 19 November 2017.

Dari pantauan, penyambutan putri semata wayang Presiden Joko Widodo itu dengan menggelar musik khas Mandailing. Sanggar Musik Gunung Kulabu Pakantan yang merupakan sanggar musik Mandailing mulai memainkan alat musiknya seperti Gong dan Gondang. Alun musik itu diiringi tarian Mandailing.

“Boru Diraja harus dibuat dengan adat tradisional. Nanti juga selain gondang ada juga pencak silat. Kami akan mengantarkan pengantin sampai ke depan pintu rumah untuk prosesi selanjutnya,” kata Bakti Lubis selaku pemilik Sanggar Musik Gunung Kulabu.

Di sisi lain, Kahiyang Ayu sebelum masuk ke dalam rumah. Terlebih dahulu menginjak batang pisang, yang sudah disiapkan keluarga Bobby Nasution. Kemudian, kedua pengantin baru ini diberikan makan tradisional Mandailing bernama Itak.

Prosesi adat Mandailing menyabut Bobby Nasution-Kahiyang Ayu.
Upacara penyambutan Bobby-Kahiyang

“Ini rangkaian Upah-upah Patujolo (permulaan). Itak ini disajikan dengan beras di tengah dan disiram santan. Maknanya, supaya memberikan kesejukan dan keeratan di rumah tangga kedua mempelai,” ungkap salah satu Anak Boru, Nani Nurdin Lubis.

Setelah pemberian Itak, selanjut akan dilakukan upah-upah yang dilengkapi dengan ayam dan telur. Proses adat Haroan Boro dihadiri ratusan undangan terdiri dari kedua keluarga pengantin.

“Kami siapkan secara simbolik dua piring untuk Kahiyang dan Bobby. Keseluruhan kami siapkan 300 porsi,” tutur Nani.

Untuk diketahui, Putri anak orang nomor satu di negeri akan diberikan marga Siregar dan pelaksanaan acara penambalan adat dengan menggelar upacara adat Mandailing yang berlangsung di kediaman keluarga Bobby pada Selasa, 21 November 2017.

Sementara itu, pesta adat Mandailing dan resepsi Ngunduh mantu sendiri akan berlangsung di kediaman Bobby selama dua hari, pada 24-25 November 2017.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …