Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Mendikbud: Pemerintah Berikan Bantuan Operasional Khusus PAUD
deras.co.id
Mendikbud Muhadjir Effendy

Mendikbud: Pemerintah Berikan Bantuan Operasional Khusus PAUD

Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semakin mendapat perhatian dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan nasional. Kini, PAUD tidak lagi hanya dianggap sebagai sarana bermain bagi anak di bawah usia sekolah, tapi juga sebagai fondasi awal program penguatan pendidikan karakter dan budi pekerti.

Pembentukan dan pembangunan karakter, budi pekerti, dan akhlak mulia seorang manusia sejak usia dini harus menjadi pilar dan arus utama pembangunan pendidikan nasional, ujar Muhadjir melalui siaran pers kepada Republika.co.id, Senin (20/11).

Dia mengungkapkan, hampir semua negara maju sudah memperlakukan PAUD dengan sangat baik, mulai dari sisi anggaran atau pun kualitas guru dan tenaga kependidikannya. Peningkatan kualitas dan kuantitas PAUD, pun lanjut Muhadjir, telah masuk dalam program prioritas pendidikan nasional.

“Sesuai dengan arahan Presiden, pemerintah memberikan Bantuan Operasional PAUD sebesar Rp 600 ribu per anak,” jelas Muhadjir.

Selanjutnya, dia menerangkan, sebagai wujud komitmen dalam pengembangan PAUD, pemerintah juga memberikan penghargaan kepada para kepala daerah, pegiat, dan tokoh masyarakat atas komitmen, dedikasi, serta sumbangsihnya dalam melaksanakan program PAUD. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, didampingi oleh Ibu Wakil Presiden, Mufida Jusuf Kalla, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, dan Ketua Umum Organisasi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE), Erni Guntarto Tjahjo Kumolo pada Senin (20/11).

“Anak usia dini merupakan calon penerus generasi bangsa, sehingga perlu di perhatikan oleh para kepala daerah dan pegiat PAUD secara total kebutuhan tumbuh kembangnya untuk menjadi sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia untuk anak Indonesia, demikian disampaikan Ibu Negara Iriana Jokowi saat memberikan penghargaan, di Kota Tangerang, Banten, Senin (20/11).

Iriana berharap seluruh pemangku kepentingan pendidikan dapat segera mewujudkan PAUD Berkualitas Universal, karena pendidikan yang di mulai sejak dini ini merupakan kunci keberhasilan masa depan anak bangsa.

Adapun penerima Anugerah PAUD yang diserahkan langsung oleh Iriana yaitu kepada Ketua Umum OASE Erni Guntarto Tjahjo Kumolo, Bunda PAUD Provinsi Riau Hj Sisilita Arsyadjuliandi, Bunda PAUD Kota Surakarta Elisabeth Endang Prasetyaningsih, Bunda PAUD Kecamatan Pante Bidara, Aceh Timur Cut Fachrina Dewi,Bunda PAUD Desa Moteng, Kecamatan Brangrea, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Nurhidayah, Sosok pemulung dan pendiri PAUD di Kupang Yoseph Orem Blikalolong, pemenang lomba buku cerita anak dalam format e-book Barbara Eni Priyanti, dan Pemenang lomba penulisan naskah cerita anak Yani Tanti Siyani.

Sedangkan penerima simbolik anugerah PAUD, yakni Bupati Paser, Kalimantan Timur Yusriansyah Syarkawi, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) R. Kadarmanto Baskara,Camat Dungingi, Kota Gorontalo Sriyanti Ano,Kepala Desa Cihujam, Kecamatan Cijaku Lebak Hj. Bedah Matwiyah, PKG Kecamatan Serang, Kota Serang Yelli Yulyaningsih, Gugus PAUD Ahmad Yani, Jakarta Timur Deni Wardani, pemenang Lomba Edu Game Rizki Ameron, dan Pemenang Lomba Festival Kreativitas Sri Mulyani.

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …