Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Presiden Calonkan KSAU Sebagai Panglima TNI Gantikan Gatot
deras.co.id
Marsekal Madya (Marsdya) Hadi Tjahjanto saat diambil sumpah dalam pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (18/1). Hadi kini dicalonkan Presiden Joko Widodo menjadi Panglima TNI.

Presiden Calonkan KSAU Sebagai Panglima TNI Gantikan Gatot

Bandung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan bahwa Marsekal TNI Hadi Tjahjanto layak mengisi jabatan Panglima TNI karena memiliki kepemimpinan dan kemampuan yang kuat. “(Pertimbangannya) saya meyakini beliau memiliki kepemimpinan dan kemampuan yang kuat dan bisa membawa TNI ke arah yang lebih profesional sesuai jati dirinya yaitu tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,” kata Presiden Jokowi, di Bandung, Senin (4/12).

Ditemui usai meresmikan Jalan Tol Soroja di Gerbang Tol Soreang, Presiden memastikan pengajuan Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi calon Panglima TNI kepada DPR sudah sesuai dengan prosedur. Ia mengatakan, pengajuan Kepala Staf TNI Angkatan Udara ini murni karena Panglima TNI saat ini Gatot Nurmantyo akan segera memasuki pensiun.

Selain itu, Presiden juga menilai pengusungan Hadi sesuai mekanisme normal meski masa dinas Gatot akan berakhir pada 2018. “Jadi ini mekanisme normal, karena Pak Gatot akan pensiun,” kata dia.

Presiden memastikan pengajuan Hadi ini sudah disampaikan ke DPR untuk mendapat persetujuan. Ia optimistis ajuan tersebut akan diterima DPR.

Hadi Tjahjanto dilahirkan di Malang, Jawa Timur, 8 November 1963. Ia adalah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Berdasarkan Keputusan Presiden, pada 18 Januari 2017 ia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Ia kini dicalonkan menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa purna tugas pada Maret 2018.

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …