Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Trump Resmi Akui Yerusalem Ibukota Israel
deras.co.id

Trump Resmi Akui Yerusalem Ibukota Israel

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Hal itu diumumkan Trump pada Rabu, 6 Desember 2017. Trump menginstruksikan Departemen Luar Negeri AS untuk memulai proses pengalihan kedutaan Amerika dari Tel Aviv ke kota suci tersebut.

“Saya telah menetapkan bahwa sekarang saatnya untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” katanya seperti dilansir dari The Independent, Kamis 7 Desember 2017.

Baca juga: Utusan Palestina: Trump Nyatakan Perang Terhadap 1,5 Miliar Umat Muslim

Trump mengambil tindakannya tersebut dari undang-undang tahun 1995, yang menyatakan mewajibkan AS memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Padahal, pendahulunya seperti Bill Clinton, Barack Obama dan George W Bush secara konsisten menunda keputusan tersebut karena menghindari ketegangan di Timur Tengah.

Trump menyatakan bahwa AS tetap mendukung solusi penyelesaian konflik antara Palestina dan Israel, yang sudah berlangsung sejak lama.

Baca juga: Donald Trump Ingin Jadikan Yerusalem Ibukota Israel

Israel menyebutkan bahwa langkah Trump suatu hal yang ‘bersejarah’, namun menimbulkan kritikan internasional yang sangat tajam.

Delapan dari 15 negara yang menjadi anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah meminta badan tersebut untuk mengadakan pertemuan mendesak, terkait keputusan AS tersebut.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …