Monday , July 23 2018
Beranda / Berita / Ingin Istiqomah Dalam Beribadah, Baca Tips Berikut!
deras.co.id

Ingin Istiqomah Dalam Beribadah, Baca Tips Berikut!

Istiqomah adalah satu kata yang biasa kita dengar manakala seseorang mendoakan dirinya sendiri atau orang lain, terlebih khusus, dalam suatu pekerjaan yang berkaitan dengan agama, alias ibadah.

Tidak sedikit orang yang berdoa dan selalu mencari cara agar dirinya sendiri bisa istiqomah dalam ketaatan maupun dalam Islam. Orang jenis kedua ini kiranya adalah orang yang telah sadar, bahwa istiqomah adalah barang yang begitu berharga.

Secara bahasa, istiqomah adalah mashdar dari fi’il istaqaama-yastaqiimu-istiqaamatan yang berarti seimbang, lurus, bersikap tegak. Secara istilah, dalam Islam ada beberapa pengertian, bergantung bagaimana para ulama itu memahami kata tersebut.

Istiqomah dalam kata serapan dari bahasa arab yang berarti lurus, tegak, teatau disebut juga sebagai konsisten. Seseorang tidak bisa mendapatkan istiqomah dalam ibadah, melainkan itu merupakan petunjuk dari Allah Ta’ala. Kita mungkin pernah mendengar atau melihat sendiri, bahwa ada seorang yang dulunya dikenal sangat shalih, baik, rajin beribadah, memakai pakaian yang menutup aurat dan sebagainya. Namun, setelah beberapa waktu, kondisinya berbalik 180 derajat. Ia menjadi seorang yang malas beribadah, akhlaknya tidak karu-karuan dan seterusnya. Na’udzubillah.

Tips Agar Istiqamah dalam Beribadah

1. Berkawan dengan Orang Istiqomah

Dalam beristiqomah, kadang kita memerlukan kawan yang terus mengingatkan kita mengenai amal-amal shalih atau bisa kita jadikan teladan dalam beramal. Allah SWT berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At Taubah: 119).

Demikian pula Nabi Muhammad SAW menyampaikan pentingnya sahabat dalam kebaikan;

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَو تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.

2. Membaca Kisah Ahli Istiqomah

Diantara yang bisa memotivasi kita untuk senantiasa beramal dengan istiqomah adalah membaca kisah orang-orang yang shalih dan meneladani sikap mereka dalam beramal agama. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Allah banyak memberikan kisah-kisah orang shalih dan para nabi di dalam Al-Qur’an. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ وَجَاءَكَ فِي هَذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ

Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Hud: 120).

Salah satu contoh istiqamah dalam beribadah adalah dengan mengerjakan shalat wajib yang 5 tepat pada waktunya. Proses pembiasaannya dapat mulai dilakukan melalui keluarga dan sekolah. Saat ini sudah banyak sekolah islam terpadu berstandar nasional maupun internasional yang telah memfasilitasi dan mengaplikasikan kegiatan sholat wajib di sekolah.

Hal ini terlihat pada salah satu sekolah islam bertaraf internasional di kota Medan yang berada di naungan Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) yang menyediakan fasilitas Masjid bagi siswa dan guru untuk melaksanakan shalat dzuhur dan ashar berjama’ah tepat waktu. Bahkan, yayasan yang memiliki satuan pendidikan PGTK, SD, SMP SMA dan SMK ini membiasakan siswa dan gurunya melaksanakan sholat dhuha berjama’ah di Masjid Shafiyyatul Amaliyyah setiap hari sebelum bel istirahat pertama berbunyi.

“Program sholat Dhuha ini adalah program di SD, SMP, SMA dan SMK YPSA untuk membangun pondasi siswa-siswi menjadi anak yang disiplin, religius dan cerdas serta menjadi insan yang selalu bersyukur kepada Allah SWT. Kegiatan ini juga untuk membiasakan siswa-siswi melakukan ibadah pagi hari selain memang para siswa dan guru wajib sholat Dzuhur dan Ashar berjamaah di Masjid sekolah ini”. ungkap Kepala SD YPSA Azhar Fauzi, M.Pd.I.

Baca Juga

deras.co.id

CIA Ungkap Perang Dingin Antara AS dan China

Colorado, China sedang terlibat Perang Dingin melawan Amerika Serikat (AS). Hal itu dipaparkan Asisten Direktur CIA, …