Wednesday , April 17 2024
Beranda / Berita / Gelar Baru Untuk Ustadz Sejuta Viewer
deras.co.id
Ustadz Abdul Somad Usai Menerima Gelar Adat dari LAM Riau

Gelar Baru Untuk Ustadz Sejuta Viewer

Pekanbaru, Ustadz kondang Abdul Somad resmi menyandang gelar kehormatan Datuk Seri Ulama Setia Negara yang diberikan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau atas dedikasinya dalam penyebaran agama Islam.

“Beliau (Abdul Somad) adalah putra kebanggaan masyarakat Melayu,” Ucap Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Al Azhar, Selasa (20/2).

Al Azhar mengatakan bahwa Abdul Somad adalah orang ketujuh yang menerima gelar kehormatan tersebut sepanjang berdirinya lembaga adat itu. Hal ini merupakan bentuk penghormatan terhadap sosok Abdul Somad yang tidak hanya menyiarkan agama Islam namun juga memperkenalkan budaya Melayu, khususnya Melayu Riau ke khalayak.

Ia menambahkan bahwa gelar tersebut merupakan salah satu gelar kehormatan tertinggi yang pernah diberikan LAM Riau kepada tokoh di luar lingkungan adat. Pemberian gelar tersebut telah melewati berbagai pemufakatan yang ditempuh hingga akhirnya LAM Riau mencapai kata sepakat untuk menobatkan ustadz yang dikenal dengan sebutan UAS tersebut dengan gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara.

Gelar tersebut mengandung makna seseorang yang berjasa terhadap daerahnya melalui jalur keagamaan. Nantinya gelar tersebut dapat disandang oleh Ustadz Abdul Somad sepanjang hidupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Al Azhar juga sempat menyinggung kasus persekusi yang dialami oleh ustadz tersebut di beberapa tempat. Terkait hal ini, dia mewakili masyarakat Melayu Riau menyatakan sikap siap membela dan melindungi berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan Abdul Somad dimanapun ia berada.

Terhadap sikap tersebut, dia menegaskan bahwa pihak LAM Riau nantinya menempuh jalur persuasif dan dialog dengan berbagai pihak terkait. Dalam kegiatan tersebut pihak LAM Riau juga menyerahkan seperangkat kebesaran adat Melayu berupa tanjak, selempang dan keris.

“Ini adalah bukti kehormatan yang harus dijaga sepanjang hayat,” kata Al Azhar.

Terkait gelar yang dia terima, Ustadz Abdul Somad mengaku tersanjung atas kepercayaan yang diberikan LAM Riau. Gelar kehormatan tersebut adalah sebuah tanggung jawab yang harus diemban. Baginya gelar tersebut adalah sebuah cambuk untuk terus mengingatkan dirinya terhadap Sang Pencipta.

Abdul Somad juga berharap agar masyarakat selalu memberikan masukan serta menasihati dirinya manakala melakukan hal yang salah. Dia menyadari bahwa sebagai manusia biasa tak luput dari berbagai kesalahan dan kekhilafan.

Apalagi kini dia resmi menyandang gelar adat yang merupakan sebuah penghormatan luar biasa. Karena itu dia mengharapkan kerja sama serta dukungan dari semua pihak untuk dapat menjaga amanat sebagai seorang Datuk Seri Ulama Setia Negara.

“Saya bukanlah siapa-siapa. Apa yang saya lakukan ini bukanlah untuk apa-apa. Ini semua demi kemaslahatan umat,” kata Abdul Somad.

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Idul Fitri 1445 H di Pematang Siantar

Ribuan umat muslim di Pematangsiantar tumpah ruah memenuhi jalan mengikuti pawai malam takbiran menyambut Hari …