Wednesday , June 20 2018
Beranda / Berita / Alm. Ust. Sofyan Saha, Ust. Abdul Somad dan Ijeck
deras.co.id
Alm. Dr. Sofyan Saha, Lc. MA (putih/tengah) dan Ust. Abdul Somad, Lc. MA

Alm. Ust. Sofyan Saha, Ust. Abdul Somad dan Ijeck

Medan, Innalillahi wa innailaihi rajiun. Sumatera Utara (Sumut) kehilangan salah satu ulama terkemuka. Ustadz M Sofyan Saha yang sangat dicintai umat. Kabar kepulangan Ketua Da’i Asia Tenggara itu terbilang cukup mengagetkan.

Sebab dua hari sebelumnya Ustadz Sofyan masih aktif subuh berjamaah dan tabligh akbar. Dia wafat Senin (12/3/2018), pukul 23.23 WIB di Rumah Sakit (RS) Bidadari, Binjai.

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) H Musa Rajekshah juga menyampaikan belasungkawa terhadap ulama yang peduli dengan dakwah dan generasi muda tersebut.

Saat memberi sambutan takziah ke rumah duka, Musa Rajekshah mengatakan salah seorang ulama Sumut telah meninggalkan umat.

“Jodoh pertemuan maut dan rezeki adalah rahasia Allah. Sabtu pagi kami masih subuh berjamaah bersama Ustadz Abdul Somad, tapi Almarhum sudah mendahului kami tadi malam. Hari ini kita diberi peringatan bahwa Yang Punya Kuasa hanya Allah Swt,” kata Musa Rajekshah, Selasa (13/3/2018).

“Seorang ulama meninggalkan kita, namun semangat beliau telah tinggal di hati kita. Juga terpatri pada banyak santri asuhan beliau dan akan menjadi pengganti beliau. Hidup setelah mati adalah kehidupan sesungguhnya, oleh karena itu kita persiapkan dengan berbuat kebaikan semasa di dunia,” tambah pria akrab disapa Ijeck.

Sofyan Saha merupakan ulama yang dekat dengan Ijeck selama bertahun-tahun. Saat Ijeck meniatkan diri berjuang dalam Pilgub Sumut, Ustad Sofyan Saha menitipkan pesan agar selalu peduli terhadap umat dan ulama.

Saat zikir akbar di BKM Al-Muslimin, Sabtu 10 Februari 2018 malam, Ustad Sofyan Saha lah yang mengalungkan sorban kepada Ijeck. Pernyataan dukacita juga datang dari Tuan Guru Persulukan Tareqat Naqsabandiyah Simalungun, Tuan Guru Ahmad Sabban Rajagukguk.

“Sabtu pagi kita masih subuh berjamaah. Malam ini beliau sudah dipanggil Allah Swt. Insha Allah Al Fatihah,” kata Tuan Guru Ahmad Sabban Tajagukguk dalam akun facebooknya Selasa (13/3/2018).

Ustadz Sofyan Saha merupakan alumni India dari Jamia Millia dan University of Lucknow. Beliau tercatat sebagai Dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dan aktif di berbagai orgaisasi termasuk Ikatan Dai (IKADI).

“Innalillahi wa InnaIlahi Radjiun. Saya bersaksi, engkau orang baik, ramah dan santun dengan ilmu. Segala amal ibadahmu, insyaAllah akan memudahkanmu dalam menghadap panggilan Allah SWT yang sesungguhnya telah dijanjikan. Amiiin.

Selamat bersemayam keharibaan Allah, abangda dan juga guru bagi kami. Ilmu yang kau beri akan selalu terpatri,” tulis seorang alumni UIN Sumut, Al Faury.

Sumber: sindonews.com

Baca Juga

PT. Inalum Fasilitasi 230 Pemudik Lewat Jalur Darat

Ini merupakan program PT Inalum dan seluruh BUMN untuk memfasilitasi para pemudik balik ke kampung …