Saturday , May 26 2018
Beranda / Berita / Server Down, UNBK SMP Tertunda 30 Menit
deras.co.id

Server Down, UNBK SMP Tertunda 30 Menit

Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama tertunda hingga 30 menit. Server diduga down menjadi kecurigaan sehingga ujian tak bisa segera dimulai.

Twitter Kemdikbud RI kembali dibanjiri cuitan berisi protes dari warganet. Jika sebelumnya yang melakukan protes adalah anak-anak SMU, karena soal ujian matematika yang dianggap tidak rasional, kali ini anak-anak SMP yang protes karena ujian mereka tertunda selama 30 menit. Pasalnya, jaringan Kemdikbud masih offline.

Protes yang disampaikan warganet datang dari berbagai daerah. Seorang warganet bernama Meirissa dengan akun @Meirissakusnadi menulis: “UNBK hari pertama malah OFFLINE hampir 30 menit, bagaimana solusinya @Itjen_Kemdikbud hampir di semua sekolah di berbagai daerah lho..”

Seorang warganet di Bogor juga menyampaikan hal yang sama. Nurrahmansyah dengan akun @Rahman_hujan menulis: “@Kemdikbud_RI UNBK SMP hari pertama di kab Bogor, semua server offline semua.. Sampai detik ini belum bisa mulai.”

Warganet dari Pandeglang, Yayan Ahmad Dimyati dengan akun @Yand86 juga melaporkan kondisi yang sama. Kondisi server offline juga disampaikan warganet di Jakarta Selatan. Gitaputrid dengan akun @gitaputrid menuliskan kekesalannya, “Jadi kebongkrekan apa yang bikin server UNBK anak-anak SMP di Jaksel pada offline? Inkompetensi siapa yang perlu dipertanyakan nih?”

Agus doank dengan akun @doankagus melaporkan kondisi server yang menurutnya offline se Jawa Barat. “UNBK offline se-Jabar. Moga segera online.. ,” tulisnya.

Kondisi server yang offline juga dilaporkan oleh warganet di Yogyakarta, Banjarbaru, Belitung Timur, Sumenep, Malang, Payakumbuh, Bintan dan seluruh Jawa Barat.

Hingga tulisan ini diturunkan belum ada pernyataan dari Kemendikbud soal server offline yang menurut warganet menghabiskan waktu hingga 30 menit dan terjadi nyaris di seluruh Indonesia.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Gubsu Melantik 13 Anggota Dewan Pendidikan Sumut 2018-2023

Wakil Ketua Harian YPSA Zulfadli Raz, S. Kom., M.M., dilantik menjadi salah satu anggota Dewan …