Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / SD Di Medan Ini Raih Medali Emas Di Festival Internasional Akibat Daun Sirih Merah
deras.co.id

SD Di Medan Ini Raih Medali Emas Di Festival Internasional Akibat Daun Sirih Merah

Lagi, YPSA meraih medali EMAS dalam bidang Sains dengan menyisihkan peneliti-peneliti dari berbagai daerah dan negara lain. Sebanyak 5 siswa-siswi SD YPSA meraih medali emas pada malam puncak pengumuman pemenang Indonesian International Invention Festival 2018 (I3F) yang berlangsung di Regens Park Hotel Malang, Jum’at (20/4/18).

“Siswa SD YPSA meraih medali emas dalam membuat Piper Ointment atau salep sebagai obat penyembuh luka bakar berbahan dasar daun sirih merah karya Achmad Hizqy Asyari Rois, Taufiq Syahputra, Fakhira Qarira Naila Putri, Anindya Ulayya Fauzi, Khalisa Shadiqah Putri, dan di bawah bimbingan Dicky Mahaputra”.

“Tidak hanya meraih medali emas, siswa-siswi ini juga mendapatkan gelar Best Exhibition dalam menganalisa dan mendemonstrasikan Salep sebagai obat penyembuh luka bakar kepada juri dalam gelaran tersebut”.

Prestasi ini langsung disampaikan Kepala SD YPSA Azhar Fauzi, M.Pd.I., kepada media sesaat siswa-siswi SD ini  menerima piala dan penghargaan.

Menurut Fauzi kompetisi ini diikuti dari berbagai daerah Indonesia dan negara lain seperti Amerika Serikat, Malaysia, Inggris, Rumania, Kroasia,Tiongkok, dan Taiwan.

“Indonesian International Invention Festival (I3F) 2018 merupakan kompetisi ilmiah international persembahan Asosiasi Aku Indonesia (AKIA) bekerjasama dengan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA)”, kata Fauzi.

Taufiq Syahputra, salah satu siswa SD kelas 5 YPSA ini mengucapkan syukur atas raihan kerja keras mereka. Putra juga menerangkan latar belakang Daun Sirih merah sebagai bahan dasar membuat piper ointment.

“Daun sirih merah merupakan tanaman tradisional yang digunakan untuk menyembuhkan luka bakar karena salah satu kandungan dari tanaman ini adalah saponin. Saponin memacu pembentukan kolagen, yaitu protein struktur yang berperan dalam proses penyembuhan luka. Dalam daun sirih merah memiliki kandungan alkaloid, saponin, tanin dan flavonoid yang memberikan efek antiseptik dua kali lebih tinggi dari daun sirih hijau pada luka bakar.”

“Cara membuatnya, pertama, keringkan daun sirih merah dibawah matahari. Kedua, kemudian blender daun sirih merah sampai menjadi powder. Ketiga, panaskan minyak wijen hitam dengan lilin lebah di atas beaker glass. Keempat, masukkan serbuk daun sirih merah dan aduk terus-meneurs dalam api yang kecil sampai tercampur rata. Dan kelima, biarkan dingin dan tuang ke dalam botol serta tutup rapat”, akhiri Putra.

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …