Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Terkuak, Senjata Kimia Perang Suriah Ternyata Berasal Dari Negara Ini. . .
deras.co.id
Dalam file foto yang diambil pada 14 April 2018 tampak kendaraan PBB yang membawa tim Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW), tiba di hotel beberapa jam setelah AS, Prancis dan Inggris meluncurkan serangan terhadap fasilitas Suriah pascaserangan senjata kimia terhadap warga sipil, di Damaskus, Suriah. OPCW berusaha untuk menyelidiki dugaan penggunaan bom kimia di kota Douma, Suriah. Tetapi para ahli OPWC belum dapat mengunjungi tempat kejadian. (AP/Bassem Mroue)

Terkuak, Senjata Kimia Perang Suriah Ternyata Berasal Dari Negara Ini. . .

Jenewa, Sebuah perusahaan Swiss dilaporkan telah mengekspor zat kimia yang dapat digunakan untuk menghasilkan gas sarin yang mematikan ke Suriah pada 2014. Menurut laporan Swiss Radio dan stasiun Televisi RTS pada Rabu (25/4), sebuah perusahaan Swiss mengekspor lima metrik ton isopropanol kimia ke Suriah di tahun itu.

Pada Mei 2014, Organization for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW) mengatakan Suriah telah memusnahkan 120 metrik ton isopropanol. “Namun, enam bulan setelah pemusnahan itu, sebuah perusahaan Swiss mengekspor lima metrik ton isopropanol ke Suriah tanpa ada penentangan dari pemerintah Swiss,” kata RTS.

Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO) mengatakan kliennya adalah sebuah perusahaan farmasi swasta Suriah. Menurut perusahaan itu, tidak ada indikasi klien mereka memiliki hubungan dengan rezim Suriah pada saat itu.

Uni Eropa telah memberlakukan sanksi terhadap rezim Suriah, salah satunya pada ekspor beberapa bahan kimia, termasuk Isopropanol. Tetapi Swiss, yang merupakan anggota non-Uni Eropa, tidak menambahkan Isopropanol ke daftar produk terlarang untuk diekspor Suriah.

Dilansir di Anadolu, pasukan rezim Suriah tercatat telah melakukan 214 serangan kimia terhadap oposisi sejak 2011. Serangan itu menewaskan sedikitnya 1.421 orang, menurut kelompok pengawas Syrian Network for Human Rights (SNHR).

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …