Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Bagi-Bagi Sembako Berujung Maut, Wagub: Melanggar Banyak Aturan
deras.co.id
Wagub DKI Sandiaga Uno

Bagi-Bagi Sembako Berujung Maut, Wagub: Melanggar Banyak Aturan

Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta tanggung jawab panitia penyelelenggara yakni Forum Untukmu Indonesia yang melakukan pembagian sembako di Lapangan Monumen Nasional.

“Kita instruksi yang sangat tegas dinas terkait untuk meminta tanggung jawab. Ada empat tanggung jawab yang kita inginkan dari pihak penyelenggara,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta Pusat, Rabu (2/4).

Tanggung jawab yang diinginkan, satu adalah mengganti kerugian. Kedua, memastikan sarana prasarana kembali normal. Ketiga, pencatutan logo Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan ini harus ada permintaan maaf dari pihak penyelenggara.

Terakhir tentunya menanggung akibat dan berpartisipasi dalam satu, masalah hukum yang diselesaikan dengan aparat hukum serta  keluarga korban. Ada pun korban yang tewas dari pembagian sembako di Monas yakni Rizki Syahputra (12) dan Mahesha Junaedi (10) adalah warga Pademangan, Jakarta Barat. “Pertama adalah keprihatinan, berbela sungkawa dari ibu Komariah dan ibu dari Mahesa yang hadir saat itu di acara sembako dan harus kehilangan dua nyawa dari anak muda harapan bangsa,” kata Sandiaga.

Kemudian perlu ada evaluasi dan koreksi, apa saja yang perlu dilakukan agar kejadian yang sangat disayangkan ini tidak terulang kembli.

“Melanggar bukan saja pergub, tapi melanggar begitu banyak aturan dan ketentuan. Karena pembagian sembako itu tidak diperkenankan di pergub. Kedua adalah tentang ketentraman dan ketertiban, banyak sekali yang dilanggar,” kata Wagub.

Sandi juga menyerahkan seluruhnya pada aparat hukum untuk menindaklanjuti pengusutan yang berkaitan dengan kejadian di Monas itu.

“Kami menyerahkan pada aparat hukum untuk menindaklanjuti pengusutan yang berkaitan dengan kejadian yang ada di hari Sabtu, tapi dari empat atau lima pelanggaran yang dilakukan panitia penyelenggara,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.

Dia juga membantah kalau Pemprov “cuci tangan” dalam menangani kasus tersebut. “Tapi dalam kasus ini kita akan mengusut sesuai dengan pesan Bu Komariah yang tentunya, Mahesa dan ananda Rizki menjadi korban dan ini pertama kali kita sampaikan bela sungkawa kita berkabung,” kata Sandiaga.

Panitia Forum Untukmu Indonesia (FUI) mengakui adanya miskomunikasi dalam pelaksanaan acara membagi- bagikan sembako di Monas, Sabtu (28/4). Ketua Panitia FUI Dave Santoso mengatakan, sejak awal pihaknya telah mengajukan izin untuk melaksanakan seluruh kegiatan, termasuk pasar murah.

Untuk pasar murah, pihaknya telah membagi- bagikan kupon untuk masyarakat. Namun belakangan panitia baru mengetahui kalau dalam Peraturan Gubernur terdapat larangan berjualan di Monas, sehingga pihak panitia beralih membagi- bagikan secara gratis.

Sumber: republika.co.id, antaranews.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …