Saturday , May 26 2018
Beranda / Berita / Gedung Putih Jelaskan Trump Tak Akan Hadiri Pembukaan Kedubes AS Di Yerusalem
deras.co.id
Bendera Israel berkibar di dekat Dome of the Rock, Yerusalem. AS akan pindahkan kedubesnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 14 Mei 2018. Foto/REUTERS/Ammar Awad

Gedung Putih Jelaskan Trump Tak Akan Hadiri Pembukaan Kedubes AS Di Yerusalem

Washington DC, Gedung Putih memastikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak akan menghadiri pembukaan Kedutaan Besar (Kedubes) AS yang baru di Yerusalem. Trump sebelumnya menyatakan mungkin saja dirinya akan menghadiri pembukaan itu.

Seperti dilansir AFP dan Channel News Asia, Selasa (8/5/2018), dalam pengumuman terbaru pada Senin (7/5) waktu setempat, Gedung Putih mengumumkan bahwa delegasi kepresidenan akan dikirimkan ke AS untuk menghadiri pembukaan Kedubes AS di Yerusalem pada 14 Mei mendatang.

Delegasi itu, sebut Gedung Putih, akan dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS, John Sullivan.

Putri Trump, Ivanka dan suaminya, Jared Kushner, yang merupakan penasihat senior Gedung Putih juga masuk dalam rombongan delegasi itu. Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, juga akan hadir dalam pembukaan.

Pengumuman Gedung Putih ini sekaligus mengonfirmasi bahwa Trump tidak akan bepergian ke Israel, pekan depan, untuk menghadiri pembukaan Kedubes AS di Yerusalem.

Beberapa hari lalu, Trump mengungkapkan kepada wartawan Gedung Putih bahwa dirinya mungkin saja menghadiri pembukaan Kedubes AS yang baru di Yerusalem.

Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem pada 14 Mei nanti, bertepatan dengan peringatan ke-70 tahun kemerdekaan Israel. Berdirinya Israel sebagai negara sekitar 7 dekade lalu, atau pada 14 Mei 1948, dianggap oleh Palestina sebagai Nakba atau malapetaka. Saat itu, sekitar 750 ribu warga Palestina melarikan diri atau diusir dari rumah-rumah mereka yang ada di wilayah yang kini diduduki Israel.

Pernyataan Trump saat mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan menyatakan niat untuk memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem pada Desember 2017, menuai kecaman dunia.

Sementara itu, pada Senin (7/5) waktu setempat, papan penunjuk jalan untuk Kedubes AS di Yerusalem mulai dipasang. Papan penunjuk jalan berwarna putih itu bertuliskan ‘US Embassy’.

Sumber: detik.com

Baca Juga

deras.co.id

Gubsu Melantik 13 Anggota Dewan Pendidikan Sumut 2018-2023

Wakil Ketua Harian YPSA Zulfadli Raz, S. Kom., M.M., dilantik menjadi salah satu anggota Dewan …