Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Kemdikbud Ungkap Nilai Rata-Rata UN SMA/Sederajat Tahun Ini Turun
deras.co.id

Kemdikbud Ungkap Nilai Rata-Rata UN SMA/Sederajat Tahun Ini Turun

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan, telah terjadi penurunan nilai rata-rata ujian nasional (UN) siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan se-Indonesia pada 2018.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno mengatakan, penurunan terjadi terutama pada mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia.

Berdasarkan analisis, ada indikasi kuat bahwa penurunan nilai UN itu disebabkan oleh dua faktor. Pertama, faktor perubahan norma. Untuk UN 2018, memang dimasukkan beberapa soal dengan standar yang lebih tinggi dibanding UN 2017.

“Kesulitan ini tampak dialami oleh siswa-siswa di 50 persen sekolah, ditunjukkan dengan rata-rata nilai UN yang menurun,” ujar Totok dikutip dari keterangannya di Jakarta, Rabu, 9 Mei 2018

Namun menurutnya, nilai UN di 50 persen sekolah lainnya justru mengalami kenaikan. Secara agregat faktor kesulitan soal ini tampaknya berpengaruh kecil.

Kedua, pengaruh lebih besar adalah faktor perubahan moda ujian, dari ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) ke ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

“Sekolah-sekolah yang semula UNKP dan berubah ke UNBK mengalami penurunan nilai (terkoreksi) sangat signifikan,” tuturnya.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …