Saturday , May 26 2018
Beranda / Berita / Aksi 115, Berorasi Sambil Berbagi, Ribuan Peserta Disediakan Makanan Gratis
Sarapan gratis untuk massa 115 di Monas. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone).

Aksi 115, Berorasi Sambil Berbagi, Ribuan Peserta Disediakan Makanan Gratis

Jakarta, Massa aksi solidaritas ‘Indonesia Bebaskan Al Quds’ mulai mengerumuni area Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Mereka masuk ke kawasan Monas melalui sejumlah pintu masuk yang telah dibuka.

Mayoritas massa merangsek masuk melalui pintu masuk barat daya. Kerumunan massa silih berganti memasuki kawasan salah satu ikon Ibu Kota tersebut. Dari mulai kaum lelaki hingga perempuan memadati Monas.

Ketika masuk Monas, para peserta akan disuguhi sebuah pembagian makanan dari para peserta yang sedianya sudah hadir lebih awal. Ada beberapa stan yang memang dijadikan tempat penyimpanan makanan.

Ada beragam makanan yang ditawarkan di antaranya adalah nasi uduk, roti sobek, biskuit, dan bubur ayam. Selain itu, mereka memberikan air untuk menghilangkan dahaga para peserta setelah sarapan.

Terlihat massa mengantre untuk mendapatkan semangkok bubur hangat. Terlihat mereka tak saling berebutan untuk mendapatkan makanan yang telah disediakan. Massa secara membentuk barisan memanjang ke belakang menunggu giliran untuk mendapatkan makanan.

Massa 115 antre untuk mengambil sarapan gratis di Monas, Jumat (11/5/2018). (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Surtrisno, salah satu peserta yang membagikan bubur mengaku sengaja melakukan hal tersebut. Dengan adanya kegiatan bagi-bagi makanan secara tertib itu bisa menandakan kalau umat Islam itu selalu bisa bersabar.

Dirinya memang sehari-hari berjualan bubur di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Ia mengaku menyediakan 1000 mangkok bubur ayam untuk peserta Aksi Bela Palestina.

Baca juga: ‘Indonesia Bebaskan Al-Quds’, Aksi 115 Bela Palestina : Bebaskan Baitul Maqdis Dengan Harta Dan Nyawa

Ia meluangkan waktu hari ini untuk menunjukkan kesolidan umat Islam Indonesia dalam membela Palestina dari jajahan Israel.

“Hari ini saya enggak jualan bubur dulu. Saya ingin tunjukkan kalau umat Islam di Indonesia peduli ke Palestina,” kata pria yang akrab disapa Trisno di lokasi, Jumat (11/5/2018).

Setelah menyantap makanan gratis tersebut massa pun kembali bergerak menuju area Tugu Monas. Ada juga beberapa massa yang memilih bertahan di area pintu masuk tersebut.

Mereka terlihat duduk-duduk dan mengelar tikar di area jalan pintu masuk Barat Daya. Tak hanya orang dewasa, anak-anak kecil pun terlihat ikut bagian dalam aksi ini. Sesekali gema takbir terdengar.

Sekadar diketahui, acara “Indonesia Bebaskan Al Quds” ini diawali dengan salat subuh berjamaah di Monas dan Istiqlal, zikir, tilawah quran, nasyid, orasi tokoh ulama, pembacaan pernyataan sikap, dan solat Jumat berjamaah.

Sejumlah tokoh ulama akan menghadiri kegiatan itu, di antaranya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kiai Ma’ruf Amin, Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas, Ustaz Bachtiar Nashir, Kiai Zaitun Rasmin, Kiai Sobri Lubis, Kiai Al Khaththath, dan para tokoh Persaudaraan Alumni 212 lainnya.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

deras.co.id

Gubsu Melantik 13 Anggota Dewan Pendidikan Sumut 2018-2023

Wakil Ketua Harian YPSA Zulfadli Raz, S. Kom., M.M., dilantik menjadi salah satu anggota Dewan …