Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Presiden Pimpin Langsung Pelantikan KSAL Baru Di Istana Negara
deras.co.id
Presiden Jokowi lantik Siwi Sukma Adji Jadi KSAL gantikan Ade Supandi

Presiden Pimpin Langsung Pelantikan KSAL Baru Di Istana Negara

Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Siwi menggantikan Laksamana TNI Ade Supandi yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/5/2018). Siwi dilantik sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 43/TNI/Tahun 2018 tanggal 22 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut.

Pengambilan sumpah jabatan dibimbing langsung oleh Presiden Jokowi sebagai pemegang tongkat komando tertinggi di matra Angakatan Laut (AL). Usai pengucapan sumpah jabatan, Siwi kemudian membubuhkan tanda tangan di dokumen berita acara sumpah jabatan diikuti oleh Presiden Jokowi.

Usai dilantik, Siwi resmi menggantikan tugas Laksamana Ade Supandi yang akan pensiun pada 1 Juni 2018 mendatang. Siwi juga resmi dinaikkan pangkatanya sesuai dengan Keppres Nomor 44/TNI/2018 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira TNI.

Pangkat Siwi naik satu tingkat lebih tinggi menjadi Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Penyematan pangkat dilakukan langsung oleh Jokowi yang mencopot pangkat lama dan memasang pangkat baru diakhiri dengan menepuk pundak Siwi tiga kali.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir dalam pelantikan ini.

Selain itu, hadir juga Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Jaksa Agung Prasetyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Hadir juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (OSO).

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Joko Widodo, dilanjutkan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan para tamu undangan.

Sumber: detik.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …