Friday , June 22 2018
Beranda / Berita / Kunjungan Perdana PM India, 15 MoU Disepakati
deras.co.id
Perdana Menteri India Narendra Modi berkunjung ke Indonesia 29-31 Mei 2018 (Reuters)

Kunjungan Perdana PM India, 15 MoU Disepakati

Jakarta, Perdana Menteri India Narendra Modi menemui warga India yang berada di Indonesia usai bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, Rabu, (30/5). Dalam pidatonya dia menyampaikan sangat senang melihat sambutan hangat warga Indonesia, warga India yang berada di Indonesia dan tentunya dari Jokowi.

Dia menceritakan ketika menemui Jokowi ia melihat keberagaman di Indonesia itu nyata. “Saya disambut oleh ibu-ibu dan anak-anak dengan adat dan agama yang beragam, itu menyentuh hati saya,” kata Modi saat menyampaikan pidato di depan ribuan warga India di Plenary Hall JCC Senayan, Rabu, (30/5).

Ia melakukan kunjungannya ke Indonesia karena Indonesia merupakan mitra penting di kawasan ASEAN. Oleh karena itu, sebelum menyapa warga India di JCC, ia dan Jokowi menyepakati beberapa perjanjian atau Memorandum of Understanding (MoU). Ada lima belas perjanjian yang ditandatangani keduanya ketika di Istana Presiden. Dari 15 MoU yang ditandatangani, sebanyak 9 merupakan MoU G to G antara Pemerintah RI dengan Pemerintah India, dan 6 lainnya adalah MoU Non G to G Indonesia dan India.

Modi juga menemukan banyak kesamaan dengan Indonesia. Oleh karenanya, ia yakin kerja sama dengan Indonesia bisa meningkat di masa depan. “Saya menemukan adanya kerja sama yang strategic di Indonesia, oleh karena itu kerja sama ini perlu ditingkatkan ke depan,” katanya.

Menurut Jokowi, Indonesia dan India sepakat meningkatkan kemitraan strategis menjadi kemitraan strategis komprehensif. “Dengan kemitraan strategis komprehensif, hubungan bilateral Indonesia-India akan semakin kokoh dan semakin baik.”

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Kemenhub: Puncak Arus Balik Akan Terjadi Pada 23 Juni 2018

Ketua Harian Posko Mudik Nasional Kemenhub, Wahyu Aji, mengatakan hingga siang ini jumlah penumpang yang …