Friday , June 22 2018
Beranda / Berita / Super Canggih, Perumahan Di Belanda Dibangun Dengan Printer 3D
deras.co.id
Konsep perumahan hasil printing 3D. (Houben & Van Mierlo Architecten).

Super Canggih, Perumahan Di Belanda Dibangun Dengan Printer 3D

Membangun sebuah rumah sejatinya memerlukan waktu yang tak sebentar. Dari membuat sketsa, memilih bahan, hingga proses pengerjaan tentu memakan waktu. Namun bagaimana bila membuat rumah menggunakan mesin printing tiga dimensi (3D)?

Tidak hanya satu rumah saja, melainkan membuat sebuah kompleks perumahan dengan banyak rumah sekaligus menggunakan teknologi printing 3D. Teknologi masa depan itu sudah dimulai di Belanda.

Sebagaimana dilansir dari laman Mirror, Kamis (7/6), kompleks perumahan yang dibangun menggunakan teknologi mesin printing 3D sedang dibangun di Belanda. Berlokasi di Kota Eindhoven, kompleks perumahan yang dibangun dengan mesin printing 3D siap ditempati 2019 mendatang.

rumah printing 3D, perumahan 3 dimensi, belanda perumahan 3D

Proses pengerjaan rumah menggunakan teknologi printing 3D. (Mirror)

Sebuah kompleks real estate yang terdiri atas lima rumah akan dibuat dengan menggunakan sistem cetak menggunakan material beton. Bukan proyek main-main, misi ini digarap oleh tim peneliti dari Eindhoven University of Technology. Belanda bekerja sama dengan konsultan arsitektur Van Mierlo.

Rumah pertama akan menjadi rumah berlantai satu. Rumah tersebut merupakan rumah dengan tiga kamar tidur seluas 1.000 kaki persegi atau sekitar 304 meter persegi. Sementara empat rumah lainnya akan menjadi unit rumah bertingkat.

Konstruksi akan mengambil pendekatan secara bertahap. Mengingat proyek ini benar-benar sebuah proyek masa depan dengan bayangan segala kemudahan di dalamnya. Sebagai awalan, beberapa elemen rumah akan dicetak di laboratorium. Pada akhirnya benar-benar melakukan proses printing alias cetak di lokasi konstruksi.

Citra konsep yang dibuat terlihat rumah-rumah akan memiliki bentuk yang tak biasa, unik, dan berbeda dari rumah kebanyakan. Kompleks perumahan juga terlihat memiliki latar hijau nan asri.

Para perancang berharap proyek ini akan menyoroti manfaat lingkungan potensial dari beton cetak 3D pada industri konstruksi. Sebab pada penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa membangun rumah dengan mesin cetak 3D mampu mengurangi emisi karbon dioksida yang cukup signifikan. Hal tersebut mengacu pada proses pembangunan rumah dengan banyak rangkaian di dalamnya.

Tim pengembang dan peneliti mengungkapkan bahwa rumah hasil karya mesin printing 3D itu akan siap tahun depan (jika tidak ada hambatan). Untuk harganya, masih belum terungkap berapa cost yang mesti dikeluarkan untuk memiliki hunian cetak 3D itu.

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Polemik Mantan Kapolda Jadi Pj. Gubernur Jabar, Ini Penjelasan Presiden

Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal polemik pelantikan Komjen Mochamad Iriawan menjadi penjabat …