Saturday , July 21 2018
Beranda / Berita / Danau Toba Seret KM Ramos Risma, Ini Daftar Penumpang yang Hilang dan Selamat
deras.co.id

Danau Toba Seret KM Ramos Risma, Ini Daftar Penumpang yang Hilang dan Selamat

Kecelakaan kapal di Perairan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, kembali terjadi, Jumat malam, 22 Juni 2018. Kapal Motor Ramos Risma Marisi karam saat hendak kembali dari Pulau Sibandang menuju pelabuhan di Kabupaten Samosir.

Dari keterangan sejumlah saksi mata mengatakan KM Ramos Risma baru mengantar penumpang dari pelabuhan di Kabupaten Samosir menuju Pulau Sibandang, Kabupaten Tapanuli Utara.

“Selesai mengantar penumpang, kapal siap berencana balik ke Pelabuhan Sibandang. Namun, nahas di tengah pelayaran, kapal mengalami mati mesin,” ujar salah seorang korban, Jolom Sipayung, Jumat malam, 22 Juni 2018.

Diduga mesin kapal yang ditumpangi lima orang itu mati karena menabrak bambu jaring ikan nelayan sekitar yang banyak tertancap di sekitar lokasi perairan Danau Toba.

Melihat kondisi tersebut, Ama Monang Lumban Raja selaku nakhoda kapal kemudian memerintahkan Jaifan Situmorang dan Rahmat Dani masuk ke dalam air untuk melihat kondisi kipas kapal.

Namun nahas, setelah kedua korban berada di air, tiba-tiba arus kencang dan menyeret semakin jauh dari bibir pantai. Kapal juga ikut terbawa arus ke tengah perairan. Baik Jaifan dan Rahmat kemudian berupaya menyelamatkan diri dengan berenang melawan arus yang deras. Namun, nahas hanya Joifan Situmorang yang berhasil selamat.

Selain Joifan, tiga penumpang lain berhasil berenang hingga ke bibir pantai. Kemudian, warga yang mengetahui kejadian berupaya menolong para korban dan membawanya ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis.

Usai membantu mengevakuasi para korban, warga dan nelayan berupaya menarik kapal kayu yang sempat terombang-ambing di tengah perairan hingga mencapai daratan.

Dari informasi yang diperoleh, lima penumpang kapal merupakan warga asal Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir.

Berikut nama lima penumpang KM Ramos Risma Marisi:

1. Joifan Situmorang (selamat)
2. Rahmat Dani (hilang)
3. Sahat Simorangkir (selamat)
4. Jolom Sipayung (selamat)
5. Ama Monang Lumban Raja (Selamat)

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

CIA Ungkap Perang Dingin Antara AS dan China

Colorado, China sedang terlibat Perang Dingin melawan Amerika Serikat (AS). Hal itu dipaparkan Asisten Direktur CIA, …