Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Pengaruh Gempa 7,0 SR Terhadap Wisata Gili Di Lombok
deras.co.id
Evakuasi WNA di Gili Trawangan(Foto : Dok. Puspen TNI)

Pengaruh Gempa 7,0 SR Terhadap Wisata Gili Di Lombok

Wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke tiga gili di Lombok diprediksi turun lantaran gempa berkekuatan 7,0 skala richter yang mengguncang Lombok dan Bali, Minggu, 5 Agustus 2018. Wisatawan khawatir akan adanya bencana susulan.

Ketua DPD Association of The Indonesian Tours Travel Agent (ASITA) NTB, Dewantoro Umbu Joka mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang akan turun drastis. Sebab, wisatawan yang datang ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air memang didominasi oleh wisatawan mancanegara.

“Kalau di Gili itu rata-rata 75-80 persen (wisatawan asing), karena memang yang paling banyak itu dari luar. Ya, sekitar 80 persen lah,” ujarnya kepada VIVA saat dihubungi, Senin 6 Agustus 2018.

Baca juga: Gempa Besar Berpotensi Tsunami 7,0 SR Lombok, 89 Nyawa Meninggal

Ia pun berharap segera ada informasi yang valid dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ataupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa gempa dan peringatan potensi bencana lainnya seperti tsunami telah berakhir.

“Kita perlu informasi BMKG dan BNPB yang benar-benar valid. Ketika kita meyakinkan memberikan kepercayaan kepada turis itu supaya jangan sampai kita bilang tidak ada masalah, tiba-tiba ada masalah,” ujarnya.

Menurutnya, suatu hal yang lumrah jika ada penurunan wisatawan usai bencana gempa ini. Ia pun berharap segera ada informasi aman dari pihak berwenang agar kunjungan turis ke Indonesia tidak terganggu.

Baca juga: Gubernur NTB Ungkap Kerusakan Lombok Utara Mencapai 80 Persen

“Tapi saya pikir itu hal yang lumrah kalau ada yang menurun (kunjungan) wisatawan karena gempa ini. Jadi memang kita harus ada masukan agar bisa promosi. Musti ada alasan secara ilmiah kan untuk suruh mereka datang. Kan butuh garansi dari badan yang berwenang mengatakan bahwa gempa itu sudah berakhir,” tutupnya.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …