Beranda / Olah Raga / Kalah Lagi, Barca Masuk Jangkauan Atletico Madrid

Kalah Lagi, Barca Masuk Jangkauan Atletico Madrid

BILBAO, KOMPAS.com — Iker Muniain mencetak gol yang membuat Athletic Bilbao menang 1-0 atas Barcelona pada pertandingan Liga BBVA, di San Mames, Minggu (1/12/2013). Ini adalah kekalahan kedua Barcelona dalam dua laga terakhir. Sebelumnya, Barcelona kalah 1-2 dari Ajax pada lanjutan fase grup Liga Champions, di Amsterdam ArenA, Selasa (26/11/2013).

Gol Muniain tercipta pada menit ke-70. Dengan tendangan kaki kanan, Muniain menembakkan bola kiriman Markel Susaeta dari tengah kotak penalti ke tengah gawang Jose Manuel Pinto.

Dengan kekalahan dari Bilbao, Barcelona duduk di puncak klasemen dengan nilai 40, atau hanya unggul dua gol dari pesaing terdekat, Atletico Madrid. Barcelona dan Atletico sama-sama telah melakoni 15 pertandingan.

Barcelona mendominasi laga sejak awal dan cukup sering menguji kiper Gorka Iraizoz. Namun, Iraizoz dan barisan pertahanan tuan rumah mampu mematahkan tembakan-tembakan tuan rumah.

Pada menit ke-12, misalnya, Neymar melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti ke tengah atas gawang Bilbao. Namun, Iraizoz berhasil mencegah gol masuk gawang. Sekitar 10 menit setelahnya, Martin Montoya melihat tembakannya diblok Aymeric Laporte.

Di tengah tekanan tim tamu, Bilbao melakukan serangan yang berujung tembakan akurat, seperti yang dilakukan Mikel Rico pada menit ke-17. Namun, tembakannya bisa diantisipasi Jose Manuel Pinto.

Setelah tembakan Andres Iniesta pada menit ke-26 dipatahkan Iraizoz, Bilbao mampu mendesak Barcelona dan menciptakan tiga peluang beruntun melalui Muniain dan Gaizka Toquero. Namun, Jose Manuel Pinto bisa mengatasi bahaya.

Pada babak kedua, Bilbao mengambil inisiatif menyerang yang berujung tembakan Gaizka Toquero pada menit ke-48. Namun, bola hasil sundulannya bisa diantisipasi Pinto.

Dua menit kemudian, Neymar kembali mencoba peruntungannya. Namun, tembakannya melesat ke atas gawang.

Setelah tembakan Toquero pada menit ke-61 dijinakkan Pinto, Bilbao mampu mempertahankan tekanan hingga mendapatkan peluang dari Muniain, yang berujung gol, pada menit ke-70.

Selepas menit ke-80, Barcelona berhasil merebut kendali permainan dan berusaha memanfaatkan waktu tersisa untuk mendapatkan gol. Barcelona mendapatkan peluang beruntun dari Alexis Sanchez, Martin Montoya, dan Pedro. Namun, skor 1-0 tak berubah hingga peluit berbunyi panjang.

Menurut catatan Opta, selama pertandingan, Barcelona menguasai bola sebanyak 66 persen dan melepaskan dua tembakan titis dari 11 usaha. Sementara Bilbao menciptakan lima peluang emas dari 15 percobaan.

Bilbao: 1-Gorka Iraizoz; 4-Aymeric Laporte, 15-Andoni Iraola, 18-Carlos Gurpegui, 24-Mikel Balenziaga (12-Unai Albizua 82); 8-Ander Iturraspe, 14-Markel Susaeta, 17-Moreno Mikel Rico (6-Mikel San Jose 88), 19-Iker Muniain (11-Ibai Gomez 86), 21-Ander Herrera; 2-Gaizka Toquero

Barcelona: 13-Jose Manuel Pinto; 2-Martin Montoya, 3-Gerard Pique,  14-Javier Mascherano, 21-Adriano; 6-Xavi (24-Sergi Roberto 78), 8-Andres Iniesta (Pedro 84)), 16-Sergio Busquets, 16-Sergio Busquets; 4-Cesc Fabregas, 9-Alexis Sánchez, 11-Neymar

Wasit: Juan Martinez Munuera

Baca Juga

Harus Bangga, Jersey Terbaru Intermilan Asli ‘Made In Indonesia’

Inter Milan baru saja meluncurkan jersey kandang terbaru untuk musim 2020/21. Seragam kandang tersebut cukup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.