Beranda / Olah Raga / Cristiano Ronaldo Kontra Zlatan Ibrahimovic

Cristiano Ronaldo Kontra Zlatan Ibrahimovic

 

 

 

 

Saat berada di kompetisi yang sama, rivalitas keduanya tertutupi, bahkan nyaris tak kentara. Tapi, di bawah permukaan, keduanya saling sikut satu sama lain.

Tak banyak kabar mengenai rivalitas antara Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic. Padahal, kedua pemain bisa dikatakan berada di level yang sama.

Ya, kedua pemain itu berada dalam sorotan belakangan ini. Bukan tanpa alasan, kualitas keduanya memang dibutuhkan oleh timnas mereka masing-masing untuk merebut satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2014 lewat jalur play-off.

Laga leg pertama akan dilangsungkan di Portugal dinihari nanti, sementara laga balasan akan dihelat di Malmo, Swedia, empat hari kemudian.

Dengan tingginya nilai urgensi laga ini bagi kedua tim, tekanan tersendiri pun tersematkan bagi Ronaldo dan Ibrahimovic, mengingat keduanya merupakan pemain andalan dari masing-masing negara.

Pertemuan Ronaldo dan Ibrahimovic dinihari nanti bukan merupakan pertemuan pertama. Kedua pemain tersebut sempat bersua satu sama lain di La Liga Spanyol.

Saat Ronaldo hijrah dari Manchester United pada 2009, Ibrahimovic juga menyusul ke Barcelona sebulan kemudian. Seperti halnya Ronaldo, bergabungnya Ibrahimovic juga disambut puluhan ribu fans di Nou Camp.

Di sinilah rivalitas terselubung mereka dimulai. Tidak sehangat ‘kontra’ Lionel Messi memang, tapi, bak api dalam sekam, persaingan Ronaldo dengan Ibrahimovic juga memanas.

Di musim pertama mereka di Spanyol, Ronaldo langsung unjuk kemampuan. Dari 33 penampilan, 33 gol dilesakkan, ditambah tujuh assists. Tak ada gelar berhasil diberikannya kepada Real Madrid di musim debutnya.

Sementara Ibrahimovic tampil 36 kali membela Barcelona. 23 gol berhasil dilesakkan, ditambah sembilan assists. Salah satu assist di laga debutnya berujung pada gol Messi dan Piala Super Spanyol. Gelar lain pun menyusul, termasuk Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub dan trofi juara La Liga.

Hanya pada momen itulah keduanya bertemu. Di Liga Champions pun, setelah hijrah ke Milan dan Paris St Germain, Ibrahimovic belum bersua lagi dengan Ronaldo. Persaingan mereka hanya berjalan semusim.

 

Tapi di lapangan yang berbeda, keduanya saling adu kualitas sebagai yang terbaik. Di musim 2010/11, Ronaldo kembali mengungguli Ibrahmovic dalam urusan mencetak gol, dengan total mengoleksi 56 gol dari 61 penampilan. Sementara Ibrahimovic hanya 39 gol dari 49 laga. Catatan itu berlanjut di musim 2011/12. Ronaldo mencetak 71 gol dan 16 assists, Ibrahimovic 39 gol dan 13 assists. Ronaldo masih unggul.

Dalam dua musim terakhir, kedua pemain itu berlomba-lomba menjebol gawang lawan. Ronaldo mengoleksi 133 gol, Ibrahimovic 86. Tapi dalam hal assis, Ibrahimovic sedikit memimpin, 21 berbanding 20 milik Ronaldo. Ini bisa dijadikan sebagai bukti bahwa keduanya terus bersaing secara tidak langsung.

Namun dalam urusan prestasi, karir Ibrahimovic lebih moncer. Semua tim yang pernah diperkuatnya selalu berakhir dengan gelar juara di tangan. Ronaldo tidak selalu demikian. Jebolan akademi sepakbola Sporting Lisbon itu boleh membanggakan torehan Ballon d’Or pada 2008, trofi yang sejauh ini belum pernah diangkat Ibrahimovic.

Itu kompetisi di lapangan, meski tidak berada di satu liga. Bagaimana dengan kompetisi di luar lapangan?

Dalam hal literasi, Ronaldo dan Ibrahimovic sama-sama menelurkan satu buku otobiografi. Judul buku Ronaldo adalah Moments, sementara Ibrahimovic ‘I’am Zlatan’. 

Di dunia gim, Ronaldo malang melintang bersama Pro Evolution Soccer dan memiliki gim tersendiri di iPhone yang dinamai Heads Up with Cristiano. Adalah RockLive yang menjadi pengembang gim tersebut. Ibrahimovic juga tak mau kalah. Baru-baru ini, tepatnya 12 November 2013, dia diposisikan sebagai duta dari XBox One di Prancis.

Tapi, keduanya merupakan sosok paling berbahaya di dunia komputer. Menurut McAfee pada Juli 2012, jika Anda mengetikkan kata Ronaldo di mesin pencari, nama tersebut menjadi yang paling mengancam bisa mencuri informasi personal Anda. Tercatat ‘Ronaldo’ paling berisiko dengan 6,2 persen. Bagaimana dengan ‘Ibrahimovic’? Striker Swedia itu menempati peringkat kedua dengan 5% ancaman.

Keduanya juga merupakan bintang lapangan hijau dan juga filantropi. Ronaldo dan Ibrahimovic tak canggung untuk ikut membantu mereka yang mengalami kesusahan dengan badan amal yang mereka naungi.

Dalam urusan kekayaan, bisa dipastikan keduanya memiliki jumlah uang melimpah. Tapi, Ronaldo lebih unggul, setidaknya menurut Forbes. Ronaldo memiliki kontrak dengan sejumlah sponsor seperti Castrol, Konami, Banco Espirito Santo, Motorola, Jacob & Co, Herbalife dan KFC. Jangan lupakan juga Emperio Armani dan Nike. Total estimasi kekayaan yang didapatnya dalam setahun hanya dari sponsor mencapai $21 juta. Itu hitung-hitungan pada Juni 2013. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai $160 juta.

Ibrahimovic tak memiliki sebanyak itu, hanya setengah yang dimiliki Ronaldo, kurang lebih. Dia menempati urutan kelima pesepakbola terkaya dengan estimasi $60 juta.

Nah, dua pemain yang pada tahun ini masuk dalam nominasi peraih Ballon d’Or 2013 itu kini akan diuji satu sama lain siapa yang terbaik di atas lapangan, dengan masing-masing membawa nama bangsa mereka. Patut ditunggu kembali ketika persaingan mereka menyeruak dari balik permukaan.

 

 

 

 

Baca Juga

Harus Bangga, Jersey Terbaru Intermilan Asli ‘Made In Indonesia’

Inter Milan baru saja meluncurkan jersey kandang terbaru untuk musim 2020/21. Seragam kandang tersebut cukup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.