Friday , March 29 2024
Beranda / Edukasi / IPB Disarankan Dirikan Perguruan Tinggi Daerah

IPB Disarankan Dirikan Perguruan Tinggi Daerah

 

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh, mengamanatkan kepada Institut Pertanian Bogor untuk membuka perguruan tinggi di luar wilayah sehingga masyarakat luas dapat mengakses pendidikan hingga jenjang lebih tinggi.

“Saya menyarankan agar IPB membuka perguruan tinggi di luar wilayah sehingga masyarakat luar daerah bisa menikmati kejayaan IPB,” ujar mendikbud dalam jumpa pers pada acara Dies Natalis IPB ke-50, Kampus Dramaga, Kabupaten Bogor, kemarin.

Nuh mengatakan, distribusi pendidikan di Provinsi Jawa Barat (Jabar) jelek, tidak sesuai dengan jumlah penduduknya yang besar. Jumlah peguruan tinggi di wilayah Jabar bisa dihitung dengan jari atau kurang dari 10, di antaranya, IPB, ITB, Universitas Padjadjaran, IAIN Bandung, UPI, dan dua poli teknik di Bandung.

Rendahnya jumlah distribusi pendidikan di Jawa Barat yang tidak sesuai dengan populasi penduduknya mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mencanangkan Program Pendidikan di luar domisili (PPD). “Saya memberikan mandat kepada IPB untuk melakukan expansi dengan mendirikan perguruan tinggi di luar domisili.”

Dengan adanya ekspansi pendidikan, lanjut Nuh, masyarakat di daerah tertinggal dapat melanjutkan pendidikan tinggi dari kampung halamannya. “Ada IPB di Tasik, ada IPB di Cianjur, jadi bisa kuliah tanpa meninggalkan kampung halaman kan menghemat biaya,” ujarnya.

Terkait kapan akan direalisasikan dan seperti apa teknisnya, Menteri menyebutkan pada 2014 program tersebut sudah diharapkan dapat berjalan. Tidak hanya IPB, tapi perguruan tinggi lainnya yang ada di Jawa Barat akan dilibatkan untuk mengembangkan pendidikan di seluruh wilayah Jabar.

Sementara itu, Rektor IPB Profesor Herry Suhardiyanto MSc, menyatakan IPB siap untuk melaksanakan mandat Mendikbud tersebut dan akan segera merealisasikannya. Ditambahkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Profesor Yonnie Koesmaryono mengatakan, bahwa IPB telah memiliki program yang sama seperti dimandatkan oleh Mendikbud.

 

 

 

Baca Juga

deras.co.id

QLR YPSA Membangun Karakter dan Menggali Potensi Diri

DERAS.CO.ID – Sebanyak 952 peserta ikuti pembukaan Quantum Leadership Ramadhan (QLR) XXIII Yayasan Pendidikan Shafiyyatul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *