Friday , March 29 2024
Beranda / Olah Raga / Mobil Kemudi Otomatis Dipasarkan Mulai 2025

Mobil Kemudi Otomatis Dipasarkan Mulai 2025

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Mobil kemudi otomatis alias setir tanpa sopir mulai dipasarkan sekitar tahun 2025.

Selanjutnya, satu dasawarsa kemudian atau tahun 2035, sekitar 9 persen penjualan mobil dunia adalah dari jenis mobil kemudi otomatis.

Hal itu terungkap dari penelitian konsultan industri otomotif IHS Automotive yang diumumkan menjelang tahun baru 2014, seperti dikutip Reuters.

Penelitian dengan fokus “mobil otonom” tersebut memperkirakan tahun 2025 jumlah mobil kemudi otomatis kurang-lebih satu persen dari penjualan kendaraan pada tahun tersebut.

Satu persen penjualan mobil kemudi otomatis pada tahun 2025 berarti sekitar 230 ribu unit.

Namun, sepuluh tahun kemudian atau pada 2035, penjualan mobil kemudi otomatis akan mencapai 11,8 juta unit, atau 9 persen dari penjualan mobil di seluruh dunia pada tahun tersebut.

Sebagian besar dari penjualan tersebut akan berada di pasar mobil mapan seperti Amerika Serikat, Eropa Barat dan Jepang .

Pertumbuhan mobil kemudi otomatis diperkirakan akan melebihi pertumbuhan mobil listrik yang masih akan terkendala mahalnya baterai, kata peneliti IHS Egil Juliussen.

Ini Pilihan Israel untuk Energi Otomotif Masa Depan

Pengisian CNG

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV — Israel berencana memprioritaskan energi gas untuk kendaraan. Negara itu menetapkan akan mengurangi penggunaan minyak hingga 60 persen pada 2025.

Target itu dinilai agresif, bahkan dalam standar dunia. Israel juga berinvestasi besar-besaran untuk memulai dan mengembangkan teknologi baterai dan biofuel.

Israel menawarkan hadiah tahunan satu juta dolar (sekitar Rp 12,1 miliar) bagi setiap inovator. Hadiah itu hampir sama besar dengan Anugerah Nobel.

“Tujuannya adalah menjadikan Israel sebagai pusat pengetahuan dan industri bidang tersebut serta menjadi katalis dunia dalam membuat perubahan,” kata Eyal Rosner, pemimpin proyek yang ditunjuk PM Benjamin Netanyahu seperti dikutip Reuters.

Program bernama Fuel Choices Initiative itu punya anggaran untuk 10 tahun sebanyak 1,5 miliar shekel (sekitar 430 juta dolar AS).

Warga Israel yang beralih dari BBM ke gas akan mendapatkan manfaat berupa penghematan dan pengurangan pajak pendapatan. Serta akan menambah satu persen lebih produk domestik bruto.

Pemerintah Israel menyediakan infrastruktur dan potongan pajak untuk BBG serta tidak akan menghilangkan BBM. Masyarakat tetap bisa memilih BBM atau gas.

Dalam lima tahun ke depan, bahan bakar transportasi di Israel akan didominasi oleh CNG dan metanol dari gas alam. Teknologi baterai dan biofuel juga akan digunakan oleh pasar sebagai improvisasi teknologi.

 

 

 

 

Baca Juga

deras.co.id

Ukraina, Georgia Dan Polandia Jadi Tiga Tim Terakhir Lolos Ke Euro 2024

DERAS.CO.ID – Jakarta – Timnas Ukraina, Georgia, dan Polandia menjadi tiga tim negara terakhir yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *