Friday , March 29 2024
Beranda / Edukasi / Guru YPSA Sosialisasikan Metode Tilawaty kepada SDM YPSA

Guru YPSA Sosialisasikan Metode Tilawaty kepada SDM YPSA

 

Usai pengajian bulanan SDM YPSA, Ustadz Ikmal Mulia Harahap dan Mualim Rudi Rakasiwi sosialisasikan Metode Tilawaty kepada guru-guru YPSA di ruang serbaguna Masjid Shafiyyatul Amaliyyah, Sabtu (5/4/14).

Sebelumnya Ikmal Mulia Harahap dan Muallim Rakasiwi serta 80 peserta lainnya dari 13 Provinsi mengikuti diklat Al-Qur’an metode tilawati tingkat Nasional 14 s/d 16 Maret 2014 di Pesantren Nurul Falah, Surabaya.

Menurut mualim Rudi Rakasiwi “Salah satu strategi dan pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati yang tampak lebih unggul dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam membentuk anak didik yang berkualitas adalah karena pembelajarannya menempatkan pendekatan individual dengan tehnik Baca Simak. yakni sebuah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara membaca bergiliran yang satu membaca dan yang lain menyimak”. Ada beberapa manfaat dalam penerapan baca simak menggunakan buku tilawati, yaitu:

PERTAMA
Santri tertib dan tidak menimbulkan gaduh/suara ramai dan ribut. Karena semua santri terlibat dalam proses belajar mengajar mulai dari do’a pembuka sampai dengan do’a penutup, sehingga tidak ada waktu luang bagi santri untuk melakukan kegiatan yang lain.

KEDUA
Pembagian waktu setiap santri Adil. Dalam proses baca simak, semua santri akan bergiliran membaca dengan jumlah bacaan yang sama antara santri yang satu dengan yang lainnya.

KETIGA
Mendengarkan sama dengan membaca dalam hati. Salah satu santri membaca dan santri yang lain menyimak (mendengarkan) dalam hati. Bagi santri yang menyimak sama dengan membaca dalam hati.

KEEMPAT
Mendapat Rahmat : QS. Al-A’raf:204.
Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.

Baca Juga

deras.co.id

QLR YPSA Membangun Karakter dan Menggali Potensi Diri

DERAS.CO.ID – Sebanyak 952 peserta ikuti pembukaan Quantum Leadership Ramadhan (QLR) XXIII Yayasan Pendidikan Shafiyyatul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *