Thursday , January 20 2022
Beranda / Ekonomi / Makin Banyak Perusahaan Investasi Bidik Asia Tenggara

Makin Banyak Perusahaan Investasi Bidik Asia Tenggara

Tak sedikit perusahaan investasi yang mengalihkan perhatian ke Asia Tenggara untuk menuai kesempatan di kawasan ini. Kondisi makroekonomi yang memadai seperti bertumbuhnya masyarakat kelas menengah dipandanag menjadi motor penggerak pertumbuhan bisnis di Asia Tenggara.

“Kami pikir untuk bisnis konsumer di kawasan Asia Pasifik sangat menyenangkan. Memanfaatkan pendapatan yang meningkat, peningkatan masyarakat kelas menengah di Malaysia, Singapura, dan Indonesia, anda dimungkinkan berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain,” kata Senior Partner dan Kepala Wilayah Asia Pasifik Headland Capital Partners Paul C W Kang seperti dikutip dari Channel News Asia pekan lalu.

Kang memberi contoh bisnis yang dilakukan di Singapura dan Malaysia kemudian melakukan penetrasi ke Indonesia. Contoh lain adalah bisnis makanan yang sangat kuat di Malaysia yang akan merambah Indonesia kemudian Myanmar. “Saya rasa pola semacam itu sangat menarik,” ujar Kang.

Namun demikian, dengan meningkatya perhatian ke Asia Tenggara dan Singapura, iklim investasi di kawasan tersebut menjadi sangat kompetitif. Perusahaan menyoroti kebutuhan menambah nilai terhadap perusahaan yang akan ditanamkan modalnya. Salah satu upaya yang kerap dicari adalah suksesi, khususnya bagi perusahaan yang sudah cukup lama berdiri, misalnya di Singapura.

“Kami melihat peningkatan jumlah perusahaan yang pendirinya memilik anak, atau generasi kedua yang memiliki masalah dengan generasi ketiga yang ingin mengambil alih usaha,” jelas Managing Director Southern Capital Group Eugene Lai.

Perusahaan investasi menyatakan salah satu tantangan berusaha di Asia Tenggara adalah kawasan tersebut adalah kawasan tersebut merepresentasikan lebih dari satu entitas. Sehingga, membangun jejaring di pasar ini sangat penting guna bekerja dengan efektif dengan tim manajemen lokal dan untuk menumbuhkan bisnis.

Baca Juga

Produksi Tahu Tempe Lokal Terus Menurun

DERAS.CO.ID – Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) mengungkap maraknya impor kedelai dikarenakan ketidakmampuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *