Friday , March 29 2024
Beranda / Edukasi / Ilmu Praktis Mendominasi 10 Prodi Paling Diminati dalam SBMPTN 2014

Ilmu Praktis Mendominasi 10 Prodi Paling Diminati dalam SBMPTN 2014

Shafiyyatul.com — Jurusan ilmu praktis masih menjadi favorit para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014. Hal itu terlihat dari daftar sepuluh program studi (prodi) yang paling diminati dalam SBMPTN 2014.

Berikut ini kesepuluh daftarnya.

A. Rumpun Saintek: 1. Teknik Informatika (ilmu komputer/sistem informasi/sistem komputer/teknik komputer). 2. Pendidikan Dokter. 3. Teknik Sipil. 4. Psikologi. 5. Farmasi.

B. Rumpun Sosial Humaniora: 1. Manajemen. 2. Akuntansi. 3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4. Hukum. 5. Ilmu komunikasi.

Munculnya jurusan teknik informatika pada urutan nomor satu ditengarai oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso sebagai bentuk dari pemikiran praktis para peserta dan juga sebagai hasil dari perkembangan zaman.

“Teknologi Informatika jadi populer karena sesuai dengan zamannya. Kebutuhan saat ini dari masyarakat apa? Bahasa lainnya, siswa ingin jurusan yang nantinya mudah dapat pekerjaan,” kata Djoko dalam jumpa pers di Sari Pan Pacific Hotel, Rabu (16/7/2014).

Selain Teknologi Informatika, jurusan Pendidikan Guru SD yang muncul di jajaran lima besar jurusan soshum paling diminati, juga menarik perhatian.

“Ini juga berhubungan dengan alasan praktis. Penghasilan guru sudah cukup baik, bahkan di beberapa daerah, lebih besar dari dosen. Lalu kenapa harus mengajar SD? Karena murid SD banyak jadi kesempatan mengajar lebih besar,”.

Baca Juga

deras.co.id

QLR YPSA Membangun Karakter dan Menggali Potensi Diri

DERAS.CO.ID – Sebanyak 952 peserta ikuti pembukaan Quantum Leadership Ramadhan (QLR) XXIII Yayasan Pendidikan Shafiyyatul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *