Thursday , March 28 2024
Beranda / Edukasi / Jelang MEA, Perguruan Tinggi Harus Mampu Cetak Pengusaha

Jelang MEA, Perguruan Tinggi Harus Mampu Cetak Pengusaha

SUKABUMI – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi mengajak seluruh perguruan tinggi di Indonesia agar tidak hanya mampu mencetak sarjana. Menurutnya, perguruan tinggi juga harus bisa mencetak para pengusaha.

Harapan itu disampaikan Yuddy saat memberikan kata sambutan pada wisuda Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi, Selasa (23/12). Menteri yang juga politikus Hanura itu mengatakan, perguruan tinggi harusnya mampu menjadi lokomotif perekonomian nasional.

“Seperti anak-anak Indonesia yang belajar di luar negeri, saat kembali ke Indonesia mereka akan menjadi pengusaha. Mereka mempraktikkan apa yang diajarkan di perguran tinggi tempat mereka belajar. Perguruan tinggi di Indonesia juga harus seperti itu, supaya bisa menjadi salah satu lokomotif perekonomian bangsa,” katanya.

Yuddy  menambahkan, sarjana bukanlah akhir dari perjuangan akademis. Sebab, lulus perguruan tinggi  merupakan titik awal bagi pengabdian di masyarakat.

Dalam kesempatan itu Yuddy juga mengingatkan bahwa  pada tahun 2015 Indonesia akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Untuk menghadapi MEA, dibutuhkan keahlian teknologi informasi karena tidak ada lagi batasan antar-negara. “Inilah salah satu ciri peradaban modern, yaitu berkembangnya era teknologi informasi.”

Baca Juga

deras.co.id

QLR YPSA Membangun Karakter dan Menggali Potensi Diri

DERAS.CO.ID – Sebanyak 952 peserta ikuti pembukaan Quantum Leadership Ramadhan (QLR) XXIII Yayasan Pendidikan Shafiyyatul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *