Friday , January 21 2022
Beranda / Olah Raga / Ganda Putra, Lagi Indonesia!

Ganda Putra, Lagi Indonesia!

KOMPAS.com – Setelah Perang Dunia II, tidak ada satu negara yang benar-benar mendominasi nomor ganda putra All England. Sebelum PD II, hanya Inggris dan beberapa negara Eropa yang pernah menjuarai nomor ini. Inggris bahkan selalu menjuarai nomor ini sebelum PD I.

Indonesia pernah mendominasi nomor ini pada 1970-an. Dari 10 pelaksanaan (1972-1981), Indonesia juara sembilan kali. Satu gelar lepas ke pasangan Swedia, Bengt Froman/Thomas Kihlstrom pada 1976.

Christian Hadinata/Ade Chandra adalah pasangan ganda putra Indonesia pertama yang menjuarai turnamen bulu tangkis tertua tersebut pada 1972. Sementara Tjun Tjun/Johan Wahyudi adalah penyumbang gelar terbanyak dengan enam kali.

Setelah Sigit Budiarto/Candra Wijaya menjadi juara pada 2003, Indonesia harus menunggu 11 tahun untuk mendapatkan gelar lagi di nomor ini. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menutup puasa gelar 11 tahun dengan merebut gelar tahun lalu.

All England 2015 akan hadir di Barclaycard Arena, Birmingham, 3-8 Maret. Selain Ahsan/Hendra, peserta tahun ini yang pernah menjuarai All England adalah unggulan kedua asal Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, pada 2011. Lalu ada pasangan Tiongkok, Liu Xiaolong/Qiu Zihan yang turun sebagai unggulan ke-8. Mereka juara pada 2013.

Ada beberapa pemain lain yang pernah juara, tetapi kali ini turun dengan pasangan berbeda. Cai Yun dan Fu Haifeng yang merupakan juara 2009, kali ini akan turun dengan pasangan masing-masing. Cai berpasangan dengan Lu Kai, sementara Fu dengan Zhang Nan.

Unggulan pertama tahun ini adalah Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong dari Korea Selatan. Lee adalah pemegang dua gelar All England, pada 2008 dan 2012, tetapi ketika itu dia masih bermain bersama Jung Jae-sung.

Sejak 1997, belum pernah ada pasangan ganda putra yang berhasil mempertahankan gelar juara di All England. Pasangan terakhir yang melakukannya adalah Rexy Mainaky/Ricky Subagja (Indonesia) pada 1995 dan 1996.

Baca Juga

Media Vietnam Hina Timnas Indonesia, Sebut Tim Paling Buruk di Piala AFF

DERAS.CO.ID – Timnas Indonesia kembali dipandang sebelah mata oleh negara tetangga. Kali ini, salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *