Friday , April 19 2024
Beranda / Edukasi / Guru Jangan Tertutup saat Memberi Pelajaran!

Guru Jangan Tertutup saat Memberi Pelajaran!

DEPOK, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyampaikan bahwa pembelajaran yang relevan dengan kehidupan begitu penting diterapkan. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan iklim pendidikan yang menyenangkan bagi siswa.

“Pendidikan dengan iklim yang menyenangkan dapat meningkatkan daya imajinasi siswa supaya berpikir kreatif,” ujarnya pada Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2015 di Depok, Selasa (31/3/2015). 

Mendikbud mengaku terkesan saat dirinya datang ke sebuah sekolah di suatu daerah. Saat itu dirinya melihat papan tulis yang penuh tulisan. Sang guru sedang membahas mengenai pendidikan jasmani. Terlihat tulisan di papan tulis tengah dibahas tata cara berenang di kolam renang.

“Ini membuat saya terkejut. Di daerah tersebut belum ada kolam renang, hanya ada sungai kecil yang berada tidak jauh dari sekolah. Jelas, ini menunjukkan bahwa guru tersebut sedang mengajarkan cara berpikir kreatif dan imajinatif, tapi masih relevan sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Anies.

Baginya, itu hanya salah satu cara mewujudkan iklim pendidikan menyenangkan. Menurut dia, guru memiliki peran sangat besar mewujudkan hal itu. Untuk itu, Mendikbud juga menyarankan agar guru tidak tertutup saat memberi pelajaran pada siswa. 

“Pembelajaran yang diberikan juga harus relevan agar bermanfaat bagi siswa. Sebenarnya tak hanya guru, setiap pelaku pendidik harus terlibat untuk mewujudkan iklim pendidikan yang menyenangkan. Tapi, khusus guru, jangan sampai sibuk sendiri tanpa memperhatikan nilai-nilai kreativitas siswanya,” ujarnya. 

Mendikbud melanjutkan, guru yang menutup diri, mengerjakan kesibukan dan rutinitasnya hanya di ruang tertutup tidak mungkin bisa maksimal memperhatikan siswanya. 

“Ingat, perkembangan siswa tetap harus diperhatikan agar terwujud iklim pendidikan yang menyenangkan,” kata Mendikbud.

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2015/04/08/07300021/Mendikbud.Guru.Jangan.Tertutup.saat.Memberi.Pelajaran.

Baca Juga

deras.co.id

Kemenag Akan Wajibkan Calon Pengantin Ikut Bimbingan Perkawinan

DERAS.CO.ID – Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *