Friday , January 21 2022
Beranda / Featured / Mengimani Hari Akhir

Mengimani Hari Akhir

Oleh KH Rahmat Abdullah LC

Iman terhadap hari akhir (kiamat) secara khusus diulang-ulang, baik dalam Alquran maupun Hadis. Kerap penyebutan itu terkait dengan penguatan komitmen untuk melaksanakan sesuatu atau untuk meninggalkan sesuatu.

”… jika berselisih tentang sesuatu, hendaklah kalian kembalikan itu kepada Allah dan Rasul-Nya, jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir… (Qs 4:59).

Penyebutan Iman kepada Allah dan hari akhir, efektif bagi mereka yang percaya kepada Allah, Pencipta segala sesuatu dari tiada dan percaya kepada hari akhir, saat tidak ada waktu undur, tidak ada lagi sogok dan suap. Tidak ada lagi press release pemulas citra buruk.

”Hari ini Kami tutup mulut mereka, dan yang berbicara kepada Kami adalah tangan-tangan mereka dan yang bersaksi adalah kaki-kaki mereka atas segala yang mereka kerjakan.” (Qs 36:65).

Karenanya, rangkaian amal terkait jenazah bukan hanya berdampak sosial, tetapi juga moral-spiritual. Alquran berulang-ulang mengantar harapan Rasulullah saw dan para sahabat jauh ke depan, bahwa kemenangan sejati akan mereka capai di akhirat nanti.

Sumber : republika.co.id

Baca Juga

Presiden Jokowi Menkritik WHO di Forum Internasional soal Penanganan Pandemi

DERAS.CO.-ID – Presiden Joko Widodo mengkritik peran Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada penanganan pandemi Covid-19. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *