Wednesday , August 4 2021
Beranda / Featured / DR. H. Azhar Sitompul MA : “Rugilah Orang Yang Menyia-nyiakan Waktu..!!”
shafiyyatul.com

DR. H. Azhar Sitompul MA : “Rugilah Orang Yang Menyia-nyiakan Waktu..!!”

Ustadz DR.H.Azhar Sitompul MA,saat menyampaikan Khutbah Jum’at (29/4) di Masjid Shafiyyatul Amaliyyah, Jl. Setiabudi 191 Medan.

Beliau menegaskan pentingnya memanfaatkan waktu yang ada untuk berbuat kebajikan.Rugilah orang yang menyia-nyiakannya.

Dalam Al-Qur’an surah Al-‘Ashr terdapat tiga ayat yang menceritakan tentang waktu, bunyi terjemahannya:

01. Demi masa (waktu)
02. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
03. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya tetap dalam kesabaran.

Dalam keseharian sering kita dengar ‘waktu adalah uang’ , dan ini kita dapati dari orang Barat sana. Sementara orang Arab menyebut ‘Waktu adalah pedang’. Maksudnya pandai-pandailah kita menempatkan uang dan pedang. Jika kita banyak uang memang kita bisa beli apa saja yang kita mau, tapi jika tidak selektif bisa saja kita membeli sesuatu yang tidak atau belum kita butuhkan bahkan membeli yang dilarang Allah menggunakan atau mengkonsumsinya, sehingga bisa menanggung kerugian dan penyesalan. Begitu juga dengan pedang, jika kita ceroboh tentu dapat melukai orang lain dan membawa penyesalan berkepanjangan,namun jika dipergunakan untuk hal-hal yang positif tentu pedang sangat bermanfaat bagi yang menggunakannya.

Oleh karena itu, bagi para pelajar usia sekolah tentu saja bisa mewujudnyatakannya dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya dengan belajar sungguh-sungguh agar bisa mendapatkan sesuatu yang berguna untuk masa depan kelak. Jangan sekali pun menyia-nyiakan waktu, bersyukurlah atas apa yang sudah diperoleh selama ini, mampu bersekolah ditempat yang tepat dan terbaik menurut kedua orangtuamu, diharapkan dengan adanya pihak sekolah menyediakan sarana prasarana dan segala perlengkapan penunjang lainnya diharapkan mampu mempersembahkan prestasi terbaik pula serta dapat membanggakan kedua orangtua.

Ustadz Azhar Sitompul mengingatan, agar para pelajar tidak mudah terpengaruh dengan tend rambut dan gaya hidup anak gaul masa kini. Kalau masa dulu zamannya musim gaya potongan rambut poni ke depan, tapi kini trend sudah berubah dengan posisi rambut kanan kiri dipangkas sangat tipis dan menyisakan rambut bagian atas.

Bahkan lihat saja diperempatan jalan kadang anak-anak remaja asyik merokok santai bahkan ada yang, ‘ nge-lem’ . Ini terjadi akibat tidak di manage (baca: menej) ,sehingga mereka berbuat sesuka hati dan merugikan diri sendiri.

Akhir khutbah ustadz Azhar Sitompul berpesan agar membiasakan saling memberi ingat dan nasehat satu sama lain, senantiasa berbuat baik dan juga dapat mencegah andai ada diantara teman berbuat kesalahan. Walau membuang duri yang bertebaran di jalan pun itu sudah merupakan ibadah, demikian sabda Rasulullah. Jadilah generasi cerdas yang diandalkan untuk 10 atau 20 tahun yang akan datang, diharapkan insya Allah para pelajar siap ‘bertarung’ secara sehat dimana dibutuhkan tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu, eksis berinovasi dan unggul dalam bidang yang dikuasainya.

Baca Juga

Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020 – Indonesia Terbaik di Asia Tenggara

Deras.co.id – Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berpose setelah memastikan medali emas Olimpiade …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *