Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Robot Ini Mampu Jahit Luka Pasien
shafiyyatul.com

Robot Ini Mampu Jahit Luka Pasien

WASHINGTON DC – Perkembangan teknologi membuat robot mulai menggantikan peran manusia dalam berbagai sektor kehidupan. Contohnya dalam bidang medis.

Robot bedah bernama STAR ini salah satunya yang dapat menjahit luka pasien dengan cepat dan rapi. STAR adalah hasil kreasi dari tim ilmuwan komputer serta peneliti medis yang dipimpin Peter Kim. Ia adalah seorang ahli biokimia dari Washington DC.

Dalam sebuah uji coba, robot STAR mampu menjahit kulit seekor babi yang terluka. Hasilnya, luka yang terbuka dapat tertutup dengan rapat. Hasil ini menunjukkan bahwa sebuah robot dapat menjalankan prosedur medis dengan rapi.

“Sebelumnya operasi dengan robot dikendalikan dari jauh, artinya setiap langkah dan setiap gerakan robot, diarahkan oleh dokter bedah. Dalam uji coba ini kami membuat robot bergerak lebih otonom ini,” kata Axel Krieger, seorang pakar robotika dengan tim di Sistem Kesehatan Nasional Anak.

Walaupun pada kenyataanya robot STAR masih harus dalam pengendalian para dokter, robot ini sudah memiliki sistem algoritma yang canggih. Demikian seperti dikutip dari Popular Mechanics, Kamis (5/5/2016).

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *