Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Raja Yordania dan Presiden Turki Akan Hadiri Pemakaman Muhammad Ali
shafiyyatul.com

Raja Yordania dan Presiden Turki Akan Hadiri Pemakaman Muhammad Ali

Jenazah Muhammad Ali sudah tiba di kampung halamannya di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Rencananya, jenazah akan disemayamkan untuk mendapat penghormatan terakhir pada Kamis (9/6) di Freedom Hall, tempat Ali bertanding melawan petinju Jerman Willi Besmanoff.

Jasad Ali tiba dari Phoenix ke Kentucky pada Minggu (5/6). Setelah itu, jenazah dibawa ke Louisville. Juru bicara keluarga, Bob Gunnel, mengatakan pada Kamis mendatang, jenazah akan disemayamkan di Freedom Hall. Pada 29 November 1961, tempat itu menjadi saksi saat Ali mengalahkan Besmanoff dengan TKO. Itu adalah pertandingan profesional Ali yang ke-11. Ali saat itu masih bernama Cassius Clay.

CNN melaporkan, sebanyak 14 ribu tiket sudah disiapkan untuk masyarakat yang ingin memberikan doa dan penghormatan terakhir mulai pukul 10.00 pagi. Satu orang bisa mendapat empat tiket untuk masuk. Tak hanya kalangan muslim, bagi mereka yang non muslim pun diizinkan untuk masuk.

“Ali sepanjang hidupnya selalu bicara soal keterbukaan. Kami ingin ini jadi terbuka untuk semua,” kata Gunnel, Selasa (7/6/2016).

Rangkaian acara Ali bakal dimulai pada Jumat (10/6) pagi. Jenazah Ali akan dibawa keliling Louisville lalu bakal digelar upacara pemakaman pada pukul 14.00 sore di KFC Yum! Center, sebuah stadion basket dengan kapasitas 22 ribu kursi. Para pengunjung bisa datang dan akan mendapat tiket masuk. Tiket diberikan bagi mereka yang pertama datang.

Dalam acara pemakaman, bakal hadir Will Smith, yang pernah menjadi aktor dalam film ‘Ali’. Petinju Lennox Lewis juga dilaporkan bakal hadir. Termasuk mantan presiden Bill Clinton. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Yordania King Abdullah II akan menyampaikan salam perpisahan untuk ‘The Greatest’.

Setelah upacara pemakaman, jenazah Ali akan dibawa ke pemakaman Cave Hill untuk dikuburkan.

Berdoa di Masjid River Road

Sebelum semua rangkaian acara pemakaman dimulai, kaum muslim di Louisville sudah terlebih dulu berkumpul di masjir River Road. Mereka mendoakan Ali agar segala amalnya diterima di sisi Allah SWT.

“Dia tak hanya perwakilan untuk Islam, dia juga perwakilan untuk kemanusiaan. Dan dia dicintai oleh semua orang di planet ini, apa pun keyakinannya,” kata seorang muslim Amerika Serikat, Muhammad Babar, kepada NBC.

Babar dan banyak kalangan muslim lainnya akan menghadiri acara penghormatan dan pemakaman Ali nanti. Mereka sangat antusias untuk mendoakan sang juara dan mengantarkan ke peristirahatan terakhirnya.

(Sumber: detikcom)

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *