Friday , March 29 2024
Beranda / Otomotif / Truk Canggih Volvo, Pertama Kali Diuji di Bawah Tanah
deras.co.id

Truk Canggih Volvo, Pertama Kali Diuji di Bawah Tanah

Volvo truk mengambil langkah berani, untuk menghadirkan kendaraan besar berteknologi self-driving, FMX otonom, yang dirancang untuk beroperasi di bawah tanah. Volvo membuktikan kalau perkembangan teknologi autopilot itu bukan hanya untuk mobil penumpang, tapi juga komersial ekstrem.

Ini merupakan pertama kalinya, truk yang dikemudikan computer diuji pada medan yang sangat menantang. Di mana video pengujian dikawal langsung oleh Claes Nilsson, President Volvo Trucks.

“Melalui kerjasama kami dengan perusahaan tambang Boliden, pengembangan kendaraan otonom memasuki fase baru yang semakin menarik. Ini adalah pertama kalinya truk otonom diuji dalam operasi bawah tanah.  Hasilnya, akan memberikan masukan berharga untuk misi berkelanjutan kami, dalam menjadikan terobosan teknis menuju sebuah kepraktisan yang akan menjadi manfaat bagi konsumen.

Setelah memperkenalkan truk FMX otonom awal tahun ini, Volvo Truck memutuskan untuk kembali mengujinya 1.000 meter di bawah tanah, tambang Boliden, Kristineberg, Utara Swedia. Di mana model FMX pertama akan mulai digunakan dalam beroperasi pada musim gugur ini.

Secara bertahap, jumlah truk akan meningkat, dengan menyertakan tiga truk lebih. Truk canggih tersebut memiliki radar/sensor berbasis laser yang digunakan untuk mengumpulkan informasi, memetakan jalur penambangan, sekaligus mengatur kemudi dan kecepatan. Jika ada hambatan muncul di dekat truk, maka secara otomatis akan berhenti.

Sumber : Kompas.com

Baca Juga

deras.co.id

Saudi Akan Operasikan Taksi Terbang Angkut Jemaah Haji-Umrah

DERAS.CO.ID – Riyadh – Arab Saudi akan mengoperasikan taksi terbang untuk mengangkut jemaah haji dan …