Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Desain Uang Rupiah Yang Baru Memiliki 17 Pengaman
deras.co.id
Pecahan Uang Baru NKRI Terdiri Dari 7 Uang Kertas Dan 4 Uang Logam

Desain Uang Rupiah Yang Baru Memiliki 17 Pengaman

Mabes Polri menyambut baik diterbitkannya sebelas pecahan mata uang rupiah tahun emisi 2016. Apalagi pecahan rupiah kali ini disebut-sebut memiliki 17 pengaman dari Bank Indonesia (BI) untuk mencegah peredaran uang palsu (upal) marak kembali.

Dari 17 pengaman itu dua di antaranya soal warna yang berubah sekali dan tinta yang disembunyikan,” ujar Kabagpenum Polri Kombes Matinus Sitompul di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/12).

Biasanya kata dia, tinta pengamanan hanya ada satu pada rupiah sebelumnya. Namun kali ini dibuat dua buah pengaman yang hanya bisa dilihat di bawah sinar ultra violet. Tujuannya, lanjut Martinus, agar pembuatan mata uang palsu dapat diantisipasi dengan kerumitan pengamanan yang telah disiapkan oleh BI. Sehingga jika pun ada yang masih nakal dan berupaya untuk memalsukan kembali, maka membutuhkan proses yang panjang karena lebih rumit dan sulit.

Sebagai upaya pencegahan terhadap pembuat uang palsu bisa lebih terantisipasi. (Kalaupun ada) tidak bisa dibuat dalam masa dekat ,” jelasnya.

Sumber : republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …