Saturday , February 29 2020
Beranda / Berita / Menag : Kita Prioritaskan Yang Belum Pernah Menunaikan Ibadah Haji
deras.co.id
Menetri Agama Lukman Hakim Syaifuddin

Menag : Kita Prioritaskan Yang Belum Pernah Menunaikan Ibadah Haji

Jakarta, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya akan memprioritaskan kuota haji Indonesia 2017 kepada mereka yang belum menunaikan ibadah haji. Oleh karenanya, Lukman berharap jemaah yang telah berhaji untuk memberi kesempatan kepada yang belum berhaji.

Prioritas betul-betul ditujukan bagi yang belum berhaji sama sekali,” jelas Lukman dalam keterangan resmi yang diterima redaksi pada Kamis (12/1/2017).

Lukman bersyukur atas kenaikan kuota haji asal Indonesia, pasalnya sudah 4 tahun kuota Indonesia dipotong hingga 20% sehingga hanya 168.800 orang.

Kewajiban berhaji kata Lukman hanya sekali, sehingga mereka yang sudah berhaji tidak wajib naik haji lagi.

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil mengatakan setelah kuota diumumkan, pihaknya kini akan melakukan berbagai persiapan penyelenggaran ibadah haji 2017, dan persiapan itu bahkan sudah dimulai sejak akhir 2016.

Menurut Djamil kedepan ada tiga fokus utama yang akan dilakukan, yakni :

Pertama, pembahasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) dengan DPR RI. Setiap tahun, BPIH dibahas bersama dengan Komisi VIII DPR. Hasil pembahasan antara kedua pihak kemudian dibawa ke Presiden untuk diterbitkan Keputusan Presiden tentang BPIH.

Kedua terkait persiapan kegiatan dalam negeri, meliputi pelunasan, konsolidasi dengan pihak terkait, persiapan embarkasi, manasik haji, dan lainnya. Selain persiapan dalam negeri, kata Djamil, jajarannya juga akan fokus pada persiapan layanan jemaah haji di Arab Saudi.

Fokus ketiga adalah kordinasi dengan instansi di Arab Saudi menyangkut akomodasi, transportasi, layanan armina, dan layanan lainnya,” pungkas dia.

Sumber : Aktual.Com

Baca Juga

deras.co.id

Ratusan Ribu Warga Jabodetabek Jadi Korban Banjir

Jakarta, Banjir melanda Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Karawang. Hingga Kamis 27 Februari 2020 …