Friday , March 29 2024
Beranda / Otomotif / Produsen “Mobil Perdesaan” Bakal Terseleksi Ketat
deras.co.id

Produsen “Mobil Perdesaan” Bakal Terseleksi Ketat

Pemerintah Indonesia lagi menyiapkan satu program lanjutan low cost and green car (LCGC), yakni mobil perdesaan. Program ini sudah masuk tahap menyiapkan prototipe dan segera masuk produksi massal. Prototipe (platform) mobil perdesaan saat ini tengah disipkan menggandeng beberapa pihak, mulai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Universitas, sampai lembaga penelitian. Lisensi platform nantinya akan dipegang oleh pemerintah.

Lantas, bagaimana mekanismenya, khususnya bagi perusahaan yang berniat ikutan menikmati ceruk baru ini? Pihak Kementerian Perindustrian mengaku masih mempersiapkan berbagai ketentuan khusus yang wajib dipenuhi perusahaan peserta.

“Setelah ada lisensinya, tentunya harus diimplementasikan oleh siapa saja yang berminat. Namun, ada persyaratan yang perlu dipenuhi tentunya,” ujar Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin kepada KompasOtomotif,  “Iya memang semestinya seperti itu, ada syarat-syaratnya, seperti misalnya mobil perdesaan ini harus diproduksi lokal dengan pemilik lokal, dan lainnya, pastilah seperti itu,”

Yan menambahkan, tetapi itu tidak menutup kemungkinan untuk mendapat bantuan dari pihak lainnya. Karena sampai saat ini, yang belum ada di dalam negeri adalah urusan mesin dan transmisinya. “Kita kan mengklaim ini harus dibuat harus lokal dan lokal, soal nanti ada bantuan ini dan itu bisa saja terjadi, pasti itu,” kata Yan.

Sumber: Kompas.com

Baca Juga

deras.co.id

Saudi Akan Operasikan Taksi Terbang Angkut Jemaah Haji-Umrah

DERAS.CO.ID – Riyadh – Arab Saudi akan mengoperasikan taksi terbang untuk mengangkut jemaah haji dan …