Monday , February 18 2019
Beranda / Berita / Alexa??
deras.co.id
Alexa Internet.Inc Yang Merupakan Anak Perusahaan Amazon.com

Alexa??

Alexa Internet Inc. atau disingkat Alexa adalah sebuah anak perusahaan Amazon.com yang menyediakan layanan data komersial terkait traffik web. Data-data traffik website yang menjadi layanan utama dari Alexa tersebut nantinya akan berfungsi untuk memfasilitasi penggunanya (blogger) guna mengetahui informasi tentang rangking/ peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik atau pengunjung yang masuk ke situs. Peringkat traffik Alexa Internet sendiri didasarkan pada traffic agregat historis selama tiga bulan dari jutaan pengguna Alexa toolbar dan merupakan gabungan page views dan reach.

Dengan situs yang beralamat di www.alexa.com, para blogger bisa mendaftarkan blognya untuk kemudian script Alexa dipasang pada blog mereka. Melalui Alexa Internet, para blogger akan dapat menganalisan tingkat popularitas blog miliknya. Tentu saja ini akan memberikan keuntungan dan manfaat untuk kebutuhan monetisasi blog atau hanya sekedar gengsi ketenaran blog saja.

Alexa Rank Semakin Ramping Semakin Bagus

Dari keterangan profil dan kemampuan yang dimiliki Alexa di atas, jelas secara umum Alexa rank sangat penting bagi seorang blogger untuk mengetahui peringkat dari traffik atau tingkat kunjungan yang datang. Dari sini maka kita bisa mengetahui posisi dan kepopuleran blog atau web kita di internet. Alexa rank sendiri bekerja layaknya pemberian peringkat  yang berjalan secara otomatis.

Jadi semakin kecil angka Alexa pada blog, maka semakin bagus juga rangking atau peringkat sebuah website atau blog di internet. Sebaliknya, semakin besar angka Alexa rank sebuah website/ blog, maka semakin jauh pula blog dari tingkat kepopulerannya. Alexa Rank sendiri mempunyai nilai peringkat dari nilai terkecil yaitu angka 1 ( satu ) sampai dengan seterusnya (nilai berjuta-juta).

Tapi yang pasti, penting tidaknya Alexa ini, semua kembali pada sang pemilik blog. Jika memang mereka membuat blog hanya untuk iseng-iseng dan bersenang-senang saja tentu Alexa rank ini bisa jadi tidak penting baginya. Namun bagi blogger yang memang ingin memperoleh penghasilan dari kegiatan monetisasi blog, tentu Alexa rank menjadi sangat penting.

Manfaat Dari Layanan Alexa Internet

Dari beberapa keterangan diatas sebenarnya kita sudah bisa mengetahui manfaat utama dari Alexa yaitu mengetahui kedudukan blog atau web kita di dunia maya. Namun ternyata Alexa juga memiliki manfaat lain yaitu menyajikan beberapa informasi pendukung untuk meningkatkan trafik seperti informasi kata kunci apa saja yang diketikan netizen di Google untuk menemukan alamat blog kita atau informasi mengenai berapa lama tempo netizen ketika berkunjung ke blog kita.

Informasi tentang jumlah link yang bertautan dengan blog kita juga bisa kita dapatkan dari analisis Alexa. Untuk mengunakan semua layanan dan manfaat Alexa tadi memang para blogger diharuskan memilih Alexa berbayar, karena jika blogger memilih yang Alexa gratis tentu layanannya terbatas tidak sebanyak layanan Alexa berbayar.

Seberapa Akurat Perangkingan Alexa?

Sampai detik ini, para blogger masih mempercayai bahwa perangkingan blog dan website dari Alexa adalah yang paling kredibel. Hal ini mengacu pada fakta situs web Alexa.com yang dikunjungi oleh lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya. Perusahaan yang bermarkas di California ini kini telah menyediakan toolbar yang telah dipasang di banyak browser komputer di seluruh dunia.  Toolbar yang terpasang ini nantinya akan menjadi alat ukur Alexa untuk mengidentifikasi proses browsing.

Hal lain yang ditampilkan oleh Alexa untuk menunjukkan eksistensi dan kemampuannya adalah saat Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar tahun 2014 kemarin. Itulah hal-hal yang kemudian membuat Alexa menjadi perusahaan penyedia layanan data internet terpercaya hingga saat ini.

Catatan : Page Views = Jumlah halaman yang dilihat di browser oleh user. Pageview memperlihatkan bahwa konten di web kamu cukup menarik user untuk terus menelusuri tiap halaman

Reach = Jumlah orang yang melihat konten yang berkaitan dengan page anda

Monetisasi = merupakan proses konversi sesuatu yang tidak mempunyai nilai menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual yang lebih

Sumber : maxmanroe.com

Baca Juga

deras.co.id

Aliansi Komunitas Ingin Turut Membangun Siantar

Dua puluh komunitas yang tergabung dalam Forum Aliansi Komunitas Pematang Siantar melaksanakan Silaturahim dan Workshop …