Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Sisi Humoris Ali bin Abi Thalib pada Rasulullah SAW
deras.co.id

Sisi Humoris Ali bin Abi Thalib pada Rasulullah SAW

Bercanda adalah sisi humor yang muncul dalam diri seseorang. Islam tidak melarang untuk bercanda, hanya saja Islam memberikan batasan kepada seorang muslim dalam becanda. Bahkan Rosulullah SAW pernah sesekali becanda, seperti hadits yang shahih berikut ini.

Wahai, Rasullullah! Apakah engkau juga bersendau gurau bersama kami?” Maka Rasulullah SAW menjawab dengan sabdanya, “Sesungguhnya saya bercanda dan saya tidaklah mengatakan selain kebenaran.” (HR. Ahmad).

Dan kisah candaan lainnya pernah dilakukan oleh salah satu sahabat Rosulullah SAW. Dialah Ali bin Abi Thalib, satu dari empat Khulafaur Rasyidin ini juga pernah becanda cerdas dengan Rosulullah SAW.

Dalam sebuah riwayat diceritakan saat Rosulullah SAW dan para sahabat berbuka puasa dengan kurma dan air putih.

Setiap kali makan sebiji kurma, mereka menyisihkan di tempatnya masing masing. Beberapa saat kemudian Ali menyadari kalau dia memakan terlalu banyak kurma di mana biji-biji kurma itu lebih menumpuk kesisi Ali di banding di sisi Nabi.

Dalam suasana hangat itu, Ali bin Abi Tholib ra muncul sisi iseng dan humornya. Ali mengumpulkan kulit kurmanya dan diletakkan di tempat kulit kurma Rasulullah SAW.

Lantas Ali berkata Ya Nabi, engkau memakan kurma lebih banyak daripada aku, lihatlah biji biji kurma yang menumpuk di tempatmu.”

Nabi pun tertawa dan sambil bercanda menjawab,Nah Ali, kamulah yang memakan lebih banyak kurma, kerana aku memakan kurma dan masih menyisakan biji-bijinya sedangkan engkau memakan kurma berikut biji-bijinya.” (Sirah Nabi).

Canda yang dilakukan Ali bin Abi Thalib pada Rosulullah SAW tersebut menjelaskan tentang dekatnya hubungan Rosulullah SAW dengan sahabatnya. Dan Ali bin Abi Thalib tetaplah manusia biasa yang memilki sisi humornya sendiri.

Sumber : satumedia.co

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …